oleh

Mengejutkan Lumpur Lapindo Mengandung Lithium, Bahan Baku Baterai

MabesBharindo, Sidoarjo – Lumpur Lapindo Mengandung Lithium, Bahan Baku Baterai.
Tim Terpadu Riset Mandiri (TTRM) dari Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) mengungkap hasil penelitiannya terkait tanah Lumpur Lapindo, Sidoarjo, Jawa Timur. Hasilnya, kandungan tanah pada lumpur mengandung lithium. Hal sama juga diungkap peneliti dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Menurut penelitian mereka, ada potensi kandungan logam tanah jarang (rare earth) pada tanah tersebut. ITS melakukan riset pada 2013 silam hingga saat ini terus di lakukan penelitian dan Riset yng dilakukan oleh Amien Widodo dan Lukman

Hasil riset tersebut mereka presentasikan di Kantor Staf khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam Andi Arief di Kompleks Sekretariat Negara.
“Lithium merupakan bahan baku pembuatan katoda baterai. Dalam peneltian yang kami kerjakan itu, dalam cairan geotermal Lumpur Sidoarjo terdapat kandungan lithium setinggi 5.81 mg/liter yang mana dapat dijadikan sebagai sumber lithium paling berpotensi,” ujar Amin,Mabes Bharindo,minggu (28/2/2021).

jurnali.Abd hamid

Komentar

News Feed