oleh

Petani Ds Ngampel Mejayan Paham Arti dan Tujuan Program Pembangunan P3-TGAI yang sedang di kerjakan

-Daerah-15460410 Dilihat

Editor penulis : Joko susilo
Kontributor     : Mujiarto-suryadi

MADIUN,Mabesbharindo.com – Agar tidak di hantui adanya tudingan miring dari  berbagai pihak dan anggapan serta pandangan yang berindikasi dapat menganggu kelancaran penyelesaian pembangunan program Irigasi P3TGAI senilai Rp 195.000.000 yang bersumber dari Anggaran APBN tahun 2021 dengan volume panjang 384,22 meter  yang sedang berlangsung beberapa hari ini. Ketua Himpunan Petani Pengguna Air (HIPPA) bersama Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Desa Ngampel Kec Mejayan Kab Madiun memasang Plang papan informasi berupa spanduk berukuran 1 meter x 1,5 meter di lokasi pembangunan pada Sabtu 4/6/2022.

Hal tersebut di lakukan sebagai bentuk kesiapan seluruh Pihak kepengurusan HIPPA maupun Selaku pelaksana Yaitu P3A yang terdiri dari para petani pengguna air.

Selain juga bentuk transparansi kepada publik sesuai peraturan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Perpres Nomor 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang / jasa Pemerintah. papan informasi yang telah di pasang tersebut juga di harapkan mampu mengurangi kecurigaan dan anggapan adanya indikasi kecurangan ataupun penyelewengan sesuai RAB dan Spesifikasi. dengan demikian dengan tenang semua pihak terkait yang melaksanakan pembangunan proyek tersebut dapat menyelesaikan dengan baik.

Foto papan proyek P3TGAI

Tersebut di sampaikan Ketua HIPPA Sutrisno dan beberapa pekerja yang juga selaku petani pegguna air bahwa secara eksplisit mereka tidak akan melakukan upaya penyelewengan dalam bentuk apapun. justru dengan adanya perhatian pemerintah yang sudah memberikan anggaran melalui program P3TGAI adalah merupakan satu bentuk perhatian yang luar biasa demi kemajuan pertanian dan tingkat hasil panen para petani setelah ini.

“intinya kami para petani HIPPA maupun P3A sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat, daerah, kecamatan dan pemerintahan desa Ngampel yang telah memperhatikan dan mendukung kami selaku petani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan hasil panen setiap musim kedepan setelah ini” terang mereka secara bergantian dengan penyampaian dengan bahasa berbeda namun bertujuan sama.

“selain itu kami sangat senang sekali, oleh sebab itu akan kami laksanakan pembangunan drainasi irigasi ini dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan kami.dan kedepan kami juga akan merawat dengan cara bergotong royong bersama” imbuhnya

BACA JUGA : Transparansi Kepada Publik,Ketua HIPPA dan P3A Ds Ngampel Pasang Papan Informasi Pembangunan P3TGAI 2022

Adapun pernyataan mereka berkaitan erat bila kita tinjau ARTI, MAKNA dan TUJUAN adanya Program P3TGAI oleh Pemerintah Bagi petani. Di antaranya :

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi selanjutnya disingkat P3-TGAI adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif petani di wilayah pedesaan.

Komentar