oleh

Musrenbang Kabupaten Pasuruan Kecamatan Lumbang Tahun 2021Berjalan Dengan Lancar

-Daerah-133 Dilihat

MabesBharindo, Pasuruan – Untuk mencapai visi misi serta tujuan sasaran program yang ditetapkan, dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kebupaten Pasuruan untuk tahun 2022, dengan thema,”Percepatan Pembangunan Wilayah Melalui Penguatan Kelembagaan”.

Musrenbang Kabupaten Pasuruan yang di gelar pada hari Senin, (16/2/2021), pukul 08:00 Wib, di Pendopo Kecamatan Lumbang Desa Cukurguling, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, berjalan dengan lancar dan kondusif serta terapkan protokol kesehatan.

Dalam kegiatan tersebut merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di masing-masing kecamatan.

Pada kesempatan itu, hadir juga Camat Lumbang Moh. Sucahyono SE, MMA, Kapolsek Lumbang Akp Nanang Abidin SH, Danramil Lumbang Kapten Kav. Suprawoto, Kades Se-Kecamatan Lumbang, Sekdes dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Lumbang.

Selain itu, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan dari Komisi 3 terlihat hadir pada Musrenbang Kecamatan tersebut diantaranya, KH. Syaifullah Damanhuri, Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan M. Yusuf Danial dan Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan M. Ilyas.

Dalam kegiatan tersebut, Polri lebih dekat dengan tokoh masyarakat, Kepala Desa dan masyarakat yang melaksanakan Rakor, pemantauan penerapan tatanan hidup baru.

“Ucapan terimakasih atas kehadiran peserta Musrenbang Kecamatan Lumbang. Mari sama-sama kita patuhi protokol kesehatan, karena covid-19 masih tinggi, dan ikuti anjuran pemerintah,” jelas M. Ilyas, anggota DPRD Kabupaten Pasuruan

Saya di komisi 1 yang mengawasi pemerintahan, mari sama-sama kita bekerjasama dalam membangun Kabupaten Pasuruan.

“Penggunaan anggaran dana desa harus transparan dan akuntabel. Utamakan kerjasama didesa sebagai tim, tidak ada yang merasa paling hebat,” katanya

Hal sama dikatakan oleh KH. Syaifullah Damanhuri Ketua komisi 3 DPRD Kabupaten Pasuruan, Terimakasih atas kesempatan, waktu dan tempat, serta kehadiran dari para kepala desa.

“Saat ini pandemi covid-19 masih belum selesai dan cenderung meningkat, mari kita patuhi protokol kesehatan dan ikuti peraturan pemerintah,” kata Gus Saiful panggilan akrabnya

Untuk anggaran dana desa untuk tahun ini diutamakan untuk program BLT-DD, dan penanganan covid-19 ditingkat Desa, dengan diberlakukannya PPKM Mikro.

“Untuk pembangunan fisik harus diawasi bersama-sama, kita awasi biar tidak ada penyelewengan,” tegasnya

Sekali lagi saya ingatkan bahwa, dana desa harus digunakan untuk pembangunan desa, utamakan tenaga kerja lokal, biar bisa menyerap tenaga kerja. imbuhnya

Sedangkan menurut M Yusuf Danial anggota DPRD Kabupaten Pasuruan menyebutkan, Saya hanya menambahkan sedikit saja, terima kasih kesempatan yang diberikan. Pahami aturan baik itu Perda maupun perbup tentang penggunaan dan pengelolaan keuangan Desa, mana yang bisa menggunakan dana desa dan APBD.

“Kalau ada usulan dari desa apabila ada yang membutuhkan tambahan dana dari APBD, nanti akan kita pelajari dan pertimbangkan. Menyikapi pandemi covid-19 saat ini, mari sama-sama kita patuhi protokol kesehatan dan peraturan pemerintah,”

Demikian juga disampaikan Camat Lumbang Moh Sucahyono,. SE, MMA, Terimakasih atas kehadiran bapak-bapak dari DPRD Kabupaten Pasuruan, mohon maaf atas penyambutan, situasi dan tempat seperti ini, apa adanya.

“Untuk Musrenbang Kecamatan Lumbang ini akan menginventarisir kebutuhan dan skala prioritas yang akan kita ajukan ke Musrenbang tingkat Kabupaten Pasuruan,” ucapnya

Terimakasih atas kepedulian dan perhatian dari bapak anggota dewan, jalan ke Desa Wonorejo saat ini sudah bagus dan sangat membantu mobilitas warga.

“Mungkin kalau diijinkan mohon diperhatikan untuk pembangunan pendopo Kecamatan serta pendopo beberapa desa yang mungkin tidak layak, mohon untuk renovasi bisa segera dibangun,” kata Sucahyono

Beberapa jalan yang sudah mendapatkan bantuan, kita koordinasikan dengan Bina Marga dan kita gerakkan potensi masyarakat supaya cepat selesai.

“Untuk pembangunan fisik skala prioritas mana yang diutamakan dan akan segera kita ajukan,” pungkasnya (Abd Hamid)

Komentar