oleh

Warga Ngringinrejo Pelajari Cara Daur Ulang Sampah Plastik

MabesBharindo, Bojonegoro – Pemerintah Desa Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, berupaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakatnya terhadap sampah, terutama sampah plastik.

Terlebih, desa yang terkenal dengan Agrowisata Belimbing ini pernah meraih penghargaan Proklim tingkat nasional.

Oleh sebab itu, Pemdes Ngringinrejo menggelar pelatihan daur ulang sampah plastik di Balai Desa setempat, Jumat (19/2/2021).

Kepala Desa Ngringinrejo, Endang Sri Wigati, berharap semangat masyarakat dalam pengolahan sampah tidak karena adanya lomba atau penghargaan.

“Namun juga menjadi semangat dan jiwa masyarakat dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Sampah yang didaur ulang merupakan bekas kemasan air mineral. Sehingga, diharapkan masyarakat mampu membuat kerajinan tangan dengan nilai jual yang tinggi.

Warna-warni bunga yang merona diiringi senyum dan semangat peserta pelatihan akan menjadi salah satu produk baru di Desa Ngringinrejo yang bisa menambah peningkatan ekonomi keluarga.

Ketua Creative Economy Center (CEC), Adib Nurdiyanto menyatakan, acara ini adalah awal dari rangkaian kegiatan pelatihan yang sinergis dan berkelanjutan.

“Ke depan, produk kerajinan daur ulang ini akan dijual di kebun agrowisata Belimbing sebagai souvernir dan oleh- oleh,” pungkasnya. (Irul)

Komentar