oleh

SOAL TIANG LISTRIK DI TENGAH JALAN DPRD BANYUWANGI AKAN PANGGIL PERENCANA PROYEK

MabesBharindo, Banyuwangi – Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi, Ficky Septalinda SE, akan memanggil pihak perencana proyek jalan Wiroguno, di Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari. Pemanggilan dilakukan menyusul masih adanya sejumlah tiang listrik yang berdiri di tengah ruas jalan.

Kami akan memanggil pihak berwenang atas proses perencanaan jalan atau pelaksana proyek jalan,” katanya,

Wanita yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyuwangi, ini mengaku sangat prihatin. Proyek infrastuktur jalan kabupaten yang sudah diserahterimakan ke Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang Banyuwangi itu, masih ada tiang PLN yang berdiri di tengah jalan.

“Kami menduga perencanaan proyek dipaksakan. Karena tiang listrik itu kewenangan PLN, dan jalan kabupaten kewenangan Dinas PU Cipta Karya dan Penataan Ruang. Harusnya kedua pihak sudah clear di awal,” ungkap Srikandi DPRD Banyuwangi ini.

Yang lebih miris, keberadaan tiang listrik dibawah naungan Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Genteng, tersebut telah memakan korban jiwa. Buari (63), warga Desa Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Jember.

Pengendara motor jenis Yamaha Mio Nopol M 2150 BO tersebut meninggal dunia setelah menabrak tiang listrik yang berada di tengah jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, pada Kamis malam (18/2/2021).

Dan kalau sampai jatuh korban jiwa begini siapa yang akan bertanggung jawab,” cetus Ficky.

Jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, baru dibangun pada Oktober 2020 lalu. Proyek dengan nama tender PPK-20.12 K57.20, senilai Rp 2,86 Miliar ini dimenangkan oleh PT Bintang Surya Tunas Mandiri. Namun dalam pengerjaan, dipihak ketigakan, atau di Sub Kontraktorkan kepada gerbong H. Tras.

Adapun yang menjadi konsultan penanggung jawab dalam pengawasan proyek adalah PT Pradnya Paramita Konsultan.

Sedikitnya terdapat 20 tiang listrik di sepanjang jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari tersebut. 7 tiang diantaranya, berdiri di tengah ruas jalan.

“Kecelakaan sampai meninggal dunia itu yang ditabrak tiang listrik ke-6 dari utara,” ungkap Ahmad, warga setempat.

Namun sayang, Manager Kantor PLN ULP Genteng, Arief H Putro, enggan berkomentar terkait keberadaan tiang listrik di tengah ruas jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari ini. Bahkan dia memblokir sejumlah nomor telepon wartawan yang melakukan wawancara.
(TIM WARTAWAN)

Komentar