oleh

Sosialisasi Usaha Menjanjikan di Expor Center Surabaya

MABES BHARINDO | SURABAYA —

Saat ini peluang pasar ekspor memiliki prospek menjanjikan. Karena itu pula, Ekspor Center Surabaya berupaya mensosialisasikan kebijakan ekspor dan informasi peluang pasar ekspor sebelumnya telah berlangsung di dua kota yang ada di Jawa Timur.

Acara yang terselenggara atas kerjasama dengan Free Trade Alegemen (FTA) Center merupakan bagian dari kegiatan Kementerian Perdagangan.

Ekspor Center Surabaya memandang Kabupaten Bojonegoro yang menjadi kota ketiga sosialisasi sebagai lokasi yang cukup besar dalam upaya mendorong dan memberikan fasilitas bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Industri Kecil Menengah (IKM).

“Kami dari Ekspor Center Surabaya mengadakan sosialisasi terkait ekspor center yang berkaitan erat pada peningkatan strategi produk ekspor melalui digital marketing,” ungkap Koordinator Ekspor Center Surabaya, M. Adi Prasetyawan.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan dan Promosi Dalam Negeri, Kamar Dagang Dan Industri Jawa Timur, berseloroh di masa pandemi Covid-19 pelaku usaha akan terasa kesulitan dalam konteks marketing. Melalui strategi digital marketing ini merupakan salah satu peluang bagi UMKM kita untuk mendorong mereka agar mampu menembus ekspor.

“Berkaitan dengan hal tersebut kami di Ekspor Center Surabaya berupaya memberikan pendampingan kepada seluruh pelaku usaha ekspor terhadap kesulitan usaha,” tutur M. Adi Prasetyawan.

Dalam hal ini ada sejumlah 50 pengusaha dari wilayah Kabupaten Bojonegoro dan Mojokerto yang bergabung baik secara online maupun offline. Para pelaku usaha tersebut begitu antusias melakukan ekspor sehingga perlu adanya pendamping dan standarisasi produk dari ekspor center surabaya.

Kedua, terkait pembekalan kepada pelaku usaha terkait prosedural ekspor. Apakah peluang pasar memadai hingga bagaimana mampu dipasarkan secara Internasional.

“Ini yang menjadi tugas ekspor center surabaya melalui konsultasi yang kami lakukan pada akhir sesi,” imbuhnya.

Pihaknya turut mengimbau kepada pelaku usaha yang belum mengikuti sosialisasi maupun yang ingin berkonsultasi terkait aktivitas perdagangan ekspor melalui ekspor center surabaya. Maupun melalui online kepada empat tenaga teknis standarisasi produk ekspor, tenaga teknis akses pembiayaan dan prosedur ekspor, tenaga teknis akses pasar dan implementasi serta tenaga teknis strategi pasar dan promosi.

“Para pelaku usaha bisa menghubungi tenaga pendukung di ekspor center surabaya yang bisa membantu,” pungkasnya.

Komentar

News Feed