oleh

Menkopolhukam : Jatim Tempat Tumbuhnya Moderasi Islam Pertama

Menkopolhukam Mahfud MD saat di Makodam V Brawijaya, Rabu (17/3/2021)


MabesBharindo l Surabaya – Menkopolkam RI, Mahfud MD, menyebut jika Jawa Timur merupakan tempat tumbuhnya moderasi Islam pertama di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat bertemu dengan para Tokoh Lintas Agama Jatim di Makodam V/Brawijaya, Rabu (17/3/2021).

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengatakan, Jawa Timur adalah salah satu provinsi terbesar dengan 40 juta penduduk dan 38 kabupaten/kota. Selain itu, kata dia, pertama moderasi Islam, moderasi beragama tumbuh di Jatim.

“Jawa Timur merupakan tempat berkembangbiaknya moderasi beragama yang dulu dipelopori oleh Kiai Hasyim Asyari. Sebelum itu Muhammadiyah juga sudah mengembangkan dan itu berkembang juga di Jawa Timur,” ungkapnya, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, memang ada peristiwa-peristiwa teror di Jawa Timur namun bisa diatasi. “Tapi secara umum rakyat Jatim tumbuh dengan penuh toleransi. Oleh karena itu tentu bukan hanya Jawa Timur, seluruh Indonesia umat Islamnya itu pada umumnya toleran,” jelasnya Machfud MD.

Mahfud menjelaskan, sebenarnya konflik antar umat beragama karena perbedaan agama itu sangat kecil. “Bahwa ada teroris itu menyimpang, tapi bukan hanya di Islam. Semua agama itu punya terorisnya sendiri, karena sangat radikal di dalam pemahamannya,” tegasnya.

Ia menambahkan, Jawa Timur merupakan salah satu contoh karena kerjasaman antara pimpinan pemerintahan, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan sebagainya. “Hari ini Pangdam V/Brawijaya mengumpulkan tokoh-tokoh bersama pemerintah, dari berbagai ormas untuk silaturrahim. Ini untuk mengingatkan bahwa kita punya Indonesia yang harus dijaga bersama-sama,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Mekopolhukam hadir didampingi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Hadir pula Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto dan Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta. (Irul&Agus)

Komentar