oleh

Camat Karanganyar Mampir di Depot Kerajianan Ukir Bonggol Jati Desa Gembol

Mabesbharindo, Ngawi – Usai menghadiri pelaksanaan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Pada Pergeseran Dan Atau Pengangkatan Dalam Jabatan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa Gembol Kecamatan Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi,Jawa Timur, Selasa (02/03/2021) di Aula Pendopo Desa Gembol, Camat Karanganyar mampir ke Depot kerajinan Ukir Bonggol Jati.

Kerajinan Ukir Tunggak (bonggol) jati milik Prawoto yang terletak tidak jauh dari Kantor Desa yakni hanya berjarak tidak lebih dari 100 meter berlokasi di Dusun Watutinatah RT 01 / RW 03 Desa Gembol.

Nuryadi Moh Arifin, S.Pd, M.Pd, Camat Karanganyar datang didampingi Parwi Kepala Desa Gembol, Edy Kristanto Plt. Kasi Pemerintahan, dan Indriyatno staf Kecamatan.

Sambil menyaksikan 2 pekerja memainkan pahatnya, Camat Karanganyar sempat berbincang-bincang dengan salah satu pekerja yang akan menyelesaikan sebuah pesanan ukiran yang membutuhkan waktu lebih kurang satu bulan. Nampak Nardi sedang memahat bentuk kepala singa mengikuti goresan spidol hitam sebagai gambar awal.

Pada kesempatan tersebut Prawoto menyampaikan bahwa modal menjadi kendala dalam menjalankan usaha ukir miliknya, sehingga sampai saat ini usaha ukir tersebut lebih banyak mengerjakan pesanan yang barang bakunya dari orang yang memesan.

Tidak diragukan lagi bahwa ukiran bonggol jati milik Prawoto ini terkenal tidak hanya di wilayah Kabupaten Ngawi saja, bahkan pesanan juga datang dari Surabaya, Jakarta hingga Papua.

Prawoto menceritakan “setelah melihat video di youtube yang diposting Mas Agus Perangkat Desa, ada seseorang dari Papua yang memesan sebuah ukiran relief dengan tema salah satu cerita pewayangan”, sembari menunjuk pada salah satu papan yang berukuran cukup panjang dan lebar. (Agus & Alex)

Komentar