oleh

Bupati Kab.Belitung Timur : Pentingnya Digitalisasi Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif

 

MabesBharindo Belitung Timur – Selama masa pandemi Covid-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengalami penurunan. Untuk bangkit dari Covid-19, pemerintah yang kreatif mengubah sektor pariwisata dan ekonomi melalui langkah strategi agar pariwisata dapat bangkit. Salah satu caranya melalui kegiatan Pameran UMKM dan Event Tournament eSport Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Kegiatan Pameran UMKM dan Event Tournament e-Sport Kabupaten Belitung Timur merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan secara bersamaan yang berlangsung di Pantai Nyiur Melambai Manggar, Sabtu (13/03/2021).

Rizki Handayani selaku Deputi Bidang Produk Wisata Dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf menjelaskan para pelaku UMKM dapat bangkit dengan melakukan strategi penerapan kesehatan protokol. Hal ini menjadi kunci dalam pemulihan sektor pariwisata.

“Kita tidak boleh berdiam diri. Pameran ini menunjukkan semangat kita harus bergerak. Pada masa pandemi COVID-19, gunakan strategi protokol kesehatan. Pakai masker adalah mendapatkan kepercayaan diri yang meyakinkan masyarakat pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif melaksanakan protokol kesehatan agar wisatawan kepercayaan untuk datang, ”kata Rizki dalam membuka pameran pameran tersebut.

Pihaknya juga mendukung pelaku ekonomi kreatif dalam melakukan langkah dan strategi pemulihan, salah satunya menggunakan platform digital.

“Di era sekarang,sangat penting digitalisasi bagi pelaku ekonomi kreatif. Kedepan pariwisata harus berbasis digital,” ungkap Rizki.

Disisi lain, Bupati Beltim Burhanudin yang akrab disapa Aan mengungkapkan Pemkab Beltim berupaya untuk membangkitkan kembali semangat para pelaku UMKM agar terus berdaya dan berkarya guna menjaga kestabilan perekonomian keluarga.

“Peningkatan digitalisasi pemasaran produk ekonomi kreatif menjadi salah satu upaya memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.Kita semua harus bangkit dari keterpurukan ekonomi,” kata Burhanudin dalam sambutannya.

Menurutnya, peningkatan digitalisasi pemasaran produk ekonomi kreatif menjadi salah satu upaya perbaikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Para pelaku UMKM di Belitung Timur telah mengikuti Pelatihan UMKM Go Online yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), guna membantu pelaku UMKM melakukan transformasi penjualan dari metode konvensional ke penjualan elektronik. Disamping itu, para pelaku UMKM juga mengajar cara mengemas produk, memilih segmentasi pasar serta trik meningkatkan penjualan.

Wakil Kepala Biro (Wakabiro) Kab. Belitung Timur – Bangka Belitung

Komentar