Bupati Indramayu Jajaki Kerjasama dengan Mubarokfood dan Yuasafood,Demi Kembangkan UMKM

Ekonomi & Bisnis302 Dilihat

Foto Bupati Indramayu Nina Agustina Dalam Upaya Kembangkan UMKM

MABESBHARINDO, INDRAMAYU | Bupati Indramayu, Nina Agustina terus berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal itu dibuktikan, di tengah kesibukannya menghadiri serangkaian kegiatan resmi di Jawa Tengah, Nina Agustina menyempatkan diri bertemu Founder Yuasafood, Trisila Juwana dan Kepala Pemasaran PT Mubarokfood Cipta Delicia, M Kirom, Kamis ( 18/11/2021 ) kemarin.

Yuasafood adalah perusahaan yang sukses dalam produksi makanan dan minuman olahan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Produk yang paling terkenal adalah minuman Carica, berbahan pepaya khas Dieng.

Mubarokfood juga menjadi produsen makanan dan minuman olahan besar di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Produk yang paling terkenal adalah jenang dengan merek dagang ‘Jenang Kudus Mubarok’.

Kedua produsen makanan dan minuman olahan ini sukses melakukan pentrasi pasar tak hanya di Indonesia, tetapi menembus pasar Asia, Eropa dan Amerika.

Ikut mendampingi Nina Agustina,dalam pertemuan di Semarang, Jawa Tengah, itu diantaranya adalah Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat (ASDA II) Kabupaten Indramayu, Maman Kostaman, dan pengusaha muda Indramayu, Jay Khresna.

Nina Agustina,banyak menerima informasi dari Trisila dan M Kirom soal upaya mengembangkan komoditi unggulan daerah bisa dijadikan sebagai sumber ekonomi masyarakat.

” Tak ada salahnya saya menyerap ilmu dari orang-orang yang sukses. Banyak hal yang saya dapat dari pertemuan singkat dengan Pak Tri dan Pak Kirom. Insya Allah, ini menjadi awal yang baik dalam upaya meningkatkan UMKM di Indramayu.” Kata Nina Agustina, Jumat ( 19/11/2021 ).

Pertemuan diakhiri dengan penjajakan kerjasama pengembangan UMKM melalui komoditi unggulan Kabupaten Indramayu, buah mangga.

Nantinya, buah mangga akan diolah menjadi makanan dan minuman tertentu dengan konsep yang sudah dilakukan oleh Yuasafood an Mubarokfood.

Gayung bersambut, Trisila dan M Kirom, mengamini rencana penjajakan kerjasama tersebut. ” Kami siap membantu dan bekerjasama dalam upaya pengembangan UMKM melalui pemanfaatan komoditas buah mangga Indramayu.” Ujar, Trisila dan M Kirom kompak.

Sementara itu, Asda II, Maman Kostaman mengatakan, rencana kerjasama itu akan segera ditindaklanjuti. Pemkab Indramayu akan menyiapkan semua kebutuhan kerjasama mulai regulasi hingga infrastruktur yang dibutuhkan.

” Sepulangnya kami dari Jawa Tengah, akan disiapkan melalui Dinas dan isntansi serta swasta yang akan dilibatkan. Ini sebuah peluang baik yang harus dimanfaatkan oleh kami (Pemkab Indramayu).” Ujar, Maman Kostaman.

( Rastim Ken Aji ).

Komentar