Teror KST Menimbulkan Gelombang Pengungsian, Satgas Yonif 310/KK Bagikan Selimut*

Daerah63 Dilihat

Media Mabes Bharindo Sukabumi

Pegunungan Bintang ~ Peduli akan nasib warga yang mengungsi akibat gangguan KST (Kelompok Separatis Teroris), Satgas Yonif 310/KK bagikan Selimut di Kampung Kutdol Distrik Mabilabol Kabupaten Pegunungan Bintang, Sabtu (30/9/2023).

Dalam seminggu terakhir kondisi Distrik Serambakon telah diganggu oleh KST (Kelompok Separatis Teroris), banyak aksi yang dilakukan seperti teror terhadap warga serta pembakaran fasilitas umum. Hal ini yang mengakibatkan warga Distrik Serambakon memilih untuk mengungsi ke daerah terdekat yang dirasa cukup aman, salah satunya di Distrik Mabilabol.

Komandan Satgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal menjelaskan bahwa warga tersebut berasal dari Kampung Yapimakot Distrik Serambakon, ada 23 kepala keluarga yang mengungsi, sekitar lebih kurang 103 jiwa yang berada di Distrik Mabilabol. Warga yang mengungsi ditempatkan di rumah Kepala Kampung Kutdol, Balai Kampung dan di rumah sanak saudara mereka yang berada di Kampung Kutdol.

 

“Kami selalu berusaha hadir di tengah tengah masyarakat Papua, sudah 10 hari mereka mengungsi semoga dengan pembagian selimut ini dapat meringankan beban dan kesulitan warga yang sedang mengungsi mengingat suhu di wilayah Pegunungan Bintang cukup dingin,” jelas Dansatgas.

 

Sementara itu, Pasi (Perwira Seksi) Intel Satgas Yonif 310/KK Letda Inf M. Ramdani yang langsung berada dilapangan menambahkan sebanyak 50 selimut telah dibagikan kepada warga. “Kondisi warga cukup memprihatinkan, mereka kekurangan pakaian bersih dan sembako. Walapun penuh keterbatasan kami berusaha semaksimal mungkin untuk meringankan kesulitan warga,” tambah Letnan Ramdani.

 

Disisi lain Kepala Kampung (Ondo Afi) Yapimakot, Kris Mariweng Uropdana mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Satgas Yonif 310/KK atas perhatiannya yang telah peduli dan memiliki rasa simpati kepada para pengungsi.

 

“Puji Tuhan, kami tidak memandang besar kecil atau sedikit banyaknya bantuan, dengan adanya bantuan dari personil Satgas kami merasa dianggap saudara oleh Bapak TNI,” ucapnya.

 

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Kaperwil Jabar Sony MBS

Komentar