Rayakan Lebaran Di Perbatasan, Satgas Yonif 310/KK Undang Warga Untuk Berbagi Kebahagiaan

TNI & Polri1229 Dilihat

Media Mabesbharindo.com

Keerom ~ Dalam suasana kehangatan dan kebahagiaan Idul Fitri 1445 H, Pos Somografi Satgas Yonif 310/KK lakukan Halal Bihalal dengan mengundang ratusan warga untuk datang ke Pos dalam rangka berbagi kenikmatan di hari lebaran di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (11/4/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (12/4/2024).

Dikatakan Dansatgas, bahwa kegiatan halal bihalal ini bertujuan untuk menjalin kerukunan antar umat beragama di perbatasan RI-PNG yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

“Walaupun mayoritas warga beragama nasrani, mereka sangat antusias mengikuti acara halal bihalal yang kita selenggarakan, ini menjadi bukti bahwa tolerasi antar umat beragama di wilayah perbatasan sangat tinggi,” ungkap Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, Halal Bihalal adalah kegiatan silaturahmi dan saling bermaafan, saling memaafkan dan silaturrahim merupakan bagian dari risalah Islam yang tidak terbatas saat Idul Fitri. Sedangkan makna dan arti halal bihalal “acara maaf memaafkan pada hari lebaran” kegiatan inilah yang dilakukan personil Satgas yang berada di Pos Somografi bersama masyarakat sekitar.

Sementara itu, Danpos Somografi Letda Inf Entis Sutisna menambahkan sekitar 170 warga hadir dalam acara tersebut, mulai dari orang tua, remaja bahkan anak-anak pun ikut dalam kebahagiaan Idul Fitri di tahun ini.

“Para tokoh masyarakat, kepala kampung serta kepala adat turut hadir, ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami bisa duduk bersama-sama dengan segala lapisan masyarakat yang ada di kampung ini,” tambah Letnan Entis.

Disisi lain, Lukkas Tamb (65) selaku Kepala Kampung mengucapkan terima kasihnya atas undangan Satgas Yonif 310/KK kepada seluruh warga kampungnya.

“Saya atas nama warga mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin. Kami merasa bangga dan terhormat dapat turut serta merayakan hari lebaran tahun ini bersama personil Satgas. Dengan adanya Pos TNI di kampung ini, kami merasa aman dan nyaman,” tutur Lukkas Tamb.

Reforter koswara mbs

Komentar