oleh

Puluhan Rumah Porak Poranda Diterjang Angin.

-Daerah-102 Dilihat

MabesBharindo, Pasuruan – Belasan rumah di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, porak poranda diterjang angin puting beliung. Bahkan sejumlah kandang ayam rata dengan tanah hingga banyak ayam-ayam siap panen mati tertimpa reruntuhan kandang. Rabu, 10/3/2021

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kerugian korban ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sebagian atap rumah warga Desa Panditan, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, terpaksa harus ditutup terpal usai atapnya disapu oleh angin puting beliung.

Sementara kandang ayam ambruk diterjang angin yang berlangsung 5 menit disertai hujan deras. Akibatnya, ayam milik peternakan yang siap panen banyak yang mati tertimpa reruntuhan material fisik bangunan.

 

Menurut warga, kejadian angin puting beliung ini sangat cepat banyak warga ketakutan untuk berlindung ketempat aman. “Angin cepat menerjang, sekitar 2-5 menit,” kata Yasak Sumarto warga setempat.

Senada diungkapkan warga lain, Suwarno. Dia menyebutkan, warga tidak bisa berbuat banyak karena kejadiannya sangat cepat sehingga warga panik dan mencari tempat berlindung yang dirasa aman. “Cepat kejadiannya. Ya ini akibat banyak yang rusak,” tuturnya.

BPBD Pemkab Pasuruan saat ini melakukan pendataan rumah yang rusak dimana ada 6 rumah rusak parah, sementara terdapat 14 rumah rusak ringan dan sedang. Ditaksir kerugian akibat angin puting beliung mencapai Rp500 juta. (Abd Hamid)

Komentar