Proyek P3- TGAI Desa Mejayan Selesai Dengan Hasil Memuaskan

Daerah1187 Dilihat

Proyek P3-TGAI Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun.


MABESBHARINDO l MADIUN — Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program Padat Karya tunai dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan dana APBN untuk mendukung Salah satu agenda Prioritas pembangunan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024, yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

Program P3-TGAI di Desa Mejayan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, dengan dana APBN tahun 2021 sebesar Rp.195 juta untuk P3A, peningkatan jaringan irigasi permukaan daerah irigasi dikerjakan oleh Himpunan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Mejayan.

Titik Handayani Kades Mejayan, Kecamatan Mejayan, Madiun.

Jangka waktu pelaksanaan pekerjaan 77 hari kalender, panjang irigasi 498meter. Dan saat ini pengerjaanya sudah mencapai 100% dengan hasil yang cukup memuaskan, dengan dibangunnya saluran air tersebut semoga hasilnya dapat dirasakan masyarakat khususnya penerima manfaat para petani pemakai air irigasi.

Pelaksanaan P3-TGAI dikerjakan secara swakelola atau tidak dilaksanakan pihak ketiga/di kontraktual kan, sesuai dengan fakta integritas dan perjanjian kerjasama antara ketua P3A/GP3A/IP3A dengan pejabat pembuat.

Penerimaan program P3-TGAI adalah Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) yang dipilih melalui musyawarah desa dan dilegalkan dengan badan hukum yaitu SK Kepala Daerah atau notaris atau SK Kepala Desa.

Sebagaimana dikatakan Kurniadi selaku ketua Hippa Desa Mejayan pada MabesBharindo.com, Senin (28/6/2021), bahwasannya masyarakat Desa Mejayan memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih dengan adanya program P3-TGAI yang telah memperhatikan nasib petani.

Lanjut Kurniadi, petani saat ini dapat merasakan dan menikmati hasilnya dari berbagai program pemerintah salah satunya perbaikan jaringan irigasi, dan dalam pelaksanaanya yang sedikit menjadi kendala akses jalan ke lokasi pekerjaan.

Hal Senada juga disampaikan Titik Handayani, selaku Kepala Desa Mejayan, Menurut Titik, warganya sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Dia berharap dengan adanya program P3-TGAI kehidupan ekonomi masyarakat bawah itu bisa lebih berjalan dengan baik serta normal.

Disamping menambah lapangan kerja baru, tentu menambah penghasilan masyarakat kecil khususnya petani, dan uang dari negara kembali ke masyarakat untuk stimulus perekonomian masyarakat kecil, Sehingga ekonomi terjaga di tengah pandemi covid- 19 ini,” pungkasnya.

(Ugik)

Komentar