Kapolri Pastikan Pengamanan Liga di Indonesia Sesuai Standar Internasional

Nasional426 Dilihat

MABES BHARINDO.COM___*****

JAKARTA – Polri menyatakan terus berkomitmen melakukan pengamanan kompetisi sepak bola Indonesia sesuai dengan standar internasional.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, untuk mewujudkan hal itu, Indonesia sudah mengundang para instruktur dari Coventry University untuk memberikan pelatihan soal manajemen keamanan stadion.

“Sesuai dengan komitmen Polri untuk bisa betul-betul melaksanakan pengamanan dengan standar internasional,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan seperti dikutip Selasa (27/6/2023).

Kapolri menjelaskan pola pengamanan kini telah berubah. Saat ini, anggotanya tak lagi berada di dalam stadion.

Sementara di dalam lapangan hanya ada petugas steward. Petugas Kepolisian baru boleh memasuki lapangan apabila sudah mendapatkan arahan dari panitia pelaksana pertandingan.

“Kalau rekan-rekan lihat di sekeliling lapangan hanya terlihat steward dengan seragam khusus menghadap ke penonton, sesuai dengan tugas yang dilaksanakan oleh mereka. Polri, akan masuk pada saat nanti panitia pelaksana pertandingan, kemudian meminta Polri untuk masuk. Selama tidak ada itu maka kami tetap berada di luar,” papar Kapolri.

Kapolri berharap adanya kerjasama seluruh pihak terutama antar suporter demi kompetisi sepak bola di Indonesia berjalan dengan lancar.

“Jadi perubahan-perubahan itu saat ini terus kami lakukan perbaikan, sehingga kemudian di sisi penyelenggaraan liga berjalan dengan baik, dengan adanya pengawasan potensi pengaturan skor, di sisi pengamanan kami juga lakukan perbaikan-perbaikan dan ini sudah kami mulai dan tentunya kami terus evaluasi, kami terus melakukan studi banding,” pungkas Kapolri. (hum/k@)

 

Komentar