oleh

Deklarasi ODF ( Open Defecation Free ) Desa Ubrug

Sukabumi. Mabes bharindo.com – Desa Ubrug mendeklarasikan sebagai Desa Open Defecation Free (ODF). Hadir dalam kegiatan te tersebut diantaranya adalah Sekmat Kec. Warungkiara, LPMD, BPD, Babinsa, Bhabinkambtibmas Serta Tokoh Masyarakat Tokoh Agama.

Desa ODF diartikan sebagai desa yang tidak ada lagi kejadian buang air besar (BAB) sembarangan. Dalam hal ini, Desa Ubrug merupakan salah satu desa yang mendeklarasikan ODF di Kecamatan Warungkiara. Kepala Desa Ubrug, Henhen, dalam sambutannya menegaskan bahwa Masyarakat Desa Ubrug sudah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan.

Pada kesempatan yang sama, Sekmat Warungkiara dalam sambutannya menyampaikan akses sanitasi yang baik menjadi salah satu kunci peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lain yang ditularkan melalui air dan lingkungan.

 

“Salah satu program terintegrasi dan komitmen Pemda dalam pembangunan bidang kesehatan di Kabupatem Sukabumi adalah sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar,” katanya.

Dia juga mengapresiasi komitmen seluruh elemen masyarakat dan perangkat desa Ubrug yang telah siap mendeklarasikan diri sebagai desa ODF.

“Semoga ke depan derajat kesehatan masyarakat desa Ubrug khususnya dan masyarakat Warungkiara umumnya semakin meningkat signifikan,” katanya lagi.

Diakhir acara kepala desa Ubrug juga memberikan bantuan kepada warga desa Ubrug.” Pungkasnya.

(sony)

Komentar