Media Mabesbharindo.kaperwil kepri -Mekanisme ini diberlakukan untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam dan Bintan di tengah pandemi virus corona ini

“Pemerintah juga mendorong travel bubble antara Batam, Bintan, dengan Singapura. Ini tentu untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam, Bintan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers daring, Senin (24/1/2022).

Mekanisme terkait travel bubble Batam-Bintan-Singapura ini dituangkan dalam surat edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

VTravel Bubble Jadi Alternatif Pemulihan Pariwisata Indonesia
Dalam SE tersebut diatur bahwa pintu masuk pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) untuk travel bubble adalah melalui Nongsapura di Batam dan pelabuhan feri di Telani, Bintan.

Dengan dimulainya travel bubble ini, Batam dan Bintan diwajibkan membentuk Satgas Penanganan Covid-19 daerah.                                       Mekanisme ataupun persyaratan kedatangan wisatawan di pelabuhan Batam-Bintan dan Lagoi antara lain                                                               ✔️Wajib sudah melakukan vaksin ke 2 minimal 15 hari.                                                                                ✔️Memberikan jaminan kesehatan.                       ✔️Dilakukan swab Pcr di pelabuhan Lagoi dan menunggu hasil dikamar hotel masing-masing.   ✔️Diberikan blue pass (alat tracing).                       ✔️Pemeriksaan lab Pcr Swab di lakukan di laboratorium kawasan Lagoi (waktu pemeriksaan 2-3 jam).                                                   ✔️Bila di temukan pasien yang positif maupun suspek akan di karantina ditenda karantina serta tempat karantina khusus Lagoi                                    Petugas yang melakukan pelayanan dan pemeriksaan terhadap para wisatawan sudah siap dalam menghadapi Travel Bubble seperti KKP,IMIGRASI,BEA CUKAI dan SYAHBANDAR serta pemantauan terhadap lokasi laboratorium.                                                      Pemeriksaan PCR SWAB diketahui bahwa saat ini masih membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan hasil.                                                     Akan terus di benahi semaksimal mungkin           Kemampuan pengecekan Laboratorium PCR SWAB Lagoi adalah 98.sample/ pemeriksaan….      Direncanakan telah masuk alat test cepat molekular ke laboratorium Lagoi dan di harapkan dapat di gunakan untuk wisatawan dalam Travel Bubble BBT..

Komentar