Hari Jadi Ke-494, Kabupaten Indramayu

Daerah437 Dilihat

Indramayu-MabesBharindo.com

7 Oktober 2021 hari jadi Indramayu Dalam momentum hari jadi tersebut, Pemkab Indramayu telah menyiapkan beberapa rangkaian agenda.

Bupati Indramayu Nina Agustina Dai Bachtiar menjelaskan, agenda pertama dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke 494 Kabupaten Indramayu, dimulai dengan pencucian pusaka pada 24 September 2021. Pelaksanaannya dilakukan di Museum Pusaka Pendopo Indramayu atau kediaman Juru Pelihara Pusaka Wiralodra.

Agenda kedua adalah Kirab Pusaka keliling 31 kecamatan di Kabupaten Indramayu, yang dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 28 September 2021. Kirab ini bertujuan mengenalkan kesenian dan budaya serta sebagai upaya pelestarian bagi generasi muda.

“Setiap tahun kegiatan hari jadi memang dilaksanakan salah satunya dengan menampilkan pusaka peninggalan masa lalu,” ujar Nina, Kamis (7/9/2021).

Kemudian, agenda dilanjutkan dengan Pakaian Batik Indramayu yang dimulai pada 27 September hingga 5 Oktober 2021. Dalam agenda ini, seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu, wajib memakai Batik Paoman khas Indramayu.

Agenda kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam leluhur pada tanggal 5 Oktober 2021. Ziarah tersebut dipusatkan di Makam Raden Aria Wiralodra. Kemudian, agenda berikutnya menampilkan video maping dari tanggal 1 hingga 7 Oktober 2021, yang dilakukan secara daring/ virtual

“Di tanggal 6 Oktober kita juga ada agenda Midang Bareng Diaspora secara virtual,” ungkapnya.

Acara puncak peringatan Hari Jadi ke 494 Kabupaten Indramayu dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2021, di mana akan diadakan Kirab Tunggul, Pataka, dan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Indramayu.

Di acara puncak ini, seluruh ASN di lingkungan Pemkab Indramayu, wajib mengenakan pakaian adat. Untuk ASN pria mengenakan Komboran, dan ASN wanita mengenakan kebaya. Selain itu, pada 7 Oktober juga diadakan Khotmil Quran di seluruh masjid dan musholla yang ada di Indramayu.

Rangkaian agenda peringatan Hari Jadi ke 494 Kabupaten Indramayu ini kemudian ditutup dengan acara Pagelaran Seni Tradisional Indramayu pada tanggal 8 Oktober 2021, yang dilaksanakan secara daring/ virtual

“Momentum hari jadi ke-494 Indramayu kita jadikan refleksi dan syukur sekaligus proyeksi untuk program pembangunan di masa mendatang. Kita berharap Indramayu lebih makmur, lebih religius dan hebat sesuai visi Indramayu Bermartabat,” ujar Nina usai melepas kirab pusaka dalam rangka hari jadi ke-494 Kabupaten Indramayu.

(Sutarmin/ Toyib)

Komentar