oleh

Wagub Ariza Patria Kolaborasi Sosial Organisasi FKDM – FPK – PMI dan Menwa Indonesia Gelar Baksos Donor Darah

MabesBharindo, Jakarta – Himbauan Pemprov DKI Jakarta dalam menggalakkan kolaborasi sosial guna mengurangi beban masyarakat terdampak covid 19 disambut luas berbagai organisasi. Termasuk Konas (Komando Nasional) Menwa Indonesia, dalam hal ini mendukung aksi donor darah yang kali ini diselenggarakan oleh FKDM Jakarta Barat berkolaborasi sosial dengan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jakarta Barat dan Palang Merah Indonesia (PMI) serta Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) DKI Jakarta di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang juga Komandan Nasional Menwa Indonesia Ahmad Riza Patria selama ini rajin turun kebawah mengunjungi berbagai kegiatan baksos donor darah yang hampir setiap seminggu sekali yg intens di laksanakan Menwa Indonesia berkeliling wilayah ibukota. Dan kali ini di adakan di Gedung P3 Paud dan Dikmas DKI Jakarta di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (25/8).

Dalam kehadirannya, Wagub Ariza menyampaikan bahwa seluruh elemen masyarakat membutuhkan bantuan dan uluran tangan dari warga untuk membantu mendonorkan darah. Menurutnya, selama masa pandemi COVID-19 diketahui masyarakat banyak yang takut untuk donor darah sehingga ada penurunan dalam memperoleh ketersediaan jumlah kantong darah di setiap wilayah kota di provinsi DKI Jakarta.

“Untuk itu kita terus menggalakkan seluruh elemen masyarakat, secara khusus saya mendorong teman-teman Menwa melakukan kolaborasi sosial mengajak organisasi-organisasi apapun seperti FKDM dan Forum Pembaruan Kebangsaan (FPK) untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah. Karena setiap hari kurang lebih 1000 kantong yang kita butuhkan untuk dikumpulkan, sehingga harus kita saling membantu bersama,” ujar Wagub Ariza dalam sambutannya. (25/8).

Di samping itu, Wagub Ariza juga mengingatkan dalam masa pandemi ini, setiap warga harus saling membantu untuk aksi sosial seperti bansos yang berguna bagi yang membutuhkan. Ia juga mengapresiasi jajaran Pemkot Jakarta Barat yang turut aktif mengajak seluruh elemen masyarakat dan organisasinya, dalam mewujudkan aksi sosial seperti kegiatan donor darah berserta pembagian bansos bagi para pendonor.

Tak lupa Wagub yang juga mantan aktifis pemuda ini mengingatkan yang hadir dan seluruh warga Jakarta agar selalu menerapkan standar kesehatan masa covid seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) agar berjalan kondusif di tengah pandemi.

Sementara itu, Ketua PMI Jakarta Barat Rustam Efendi yang juga Walikota Jakarta Barat menjelaskan bahwa kegiatan donor darah tersebut merupakan inisiatif dari seluruh lapisan masyarakat yang akan berlangsung hingga 13 Oktober 2020 di beberapa tempat, yang puncaknya akan diadakan di Kantor Wali Kota Jakarta Barat. Dan saat ini di selenggarakan oleh FKDM Jakarta Barat dengan dukungan banyak pihak.

Rustam juga secara khusus menyampaikan apresiasi nya terhadap dukungan Konas Menwa Indonesia yg menurutnya cukup aktif mensupport PMI dalam berbagai baksos donor darah dan pihak-pihak lainnya yang juga mendukung kegiatan FKDM Jakbar dan FPK DKI Jakarta ini. Selain itu Ia juga memastikan kegiatan tersebut akan berlangsung dengan aman meskipun masih dalam suasana pandemi COVID-19. Dan pihaknya berharap kegiatan hari ini mencapsi target minimal 300 kantong darah bisa diperoleh dari para pendonor.

Di tempat yang sama Wadankonas Menwa Indonesia, Erwin H. Al-Jakartaty yang juga turut hadir menyatakan bahwa Konas Menwa Indonesia nyaris tanpa henti turut terlibat operasi tanggap bencana hadapi covid ini sejak awal pandemi, dan menyambut baik kolaborasi sosial dengan elemen lainnya. Erwin turut mengapresiasi tinggi kegiatan FKDM Jakarta Barat ini dan tergerak turut membantu menyiapkan sebagian paket sembako dan juga mengupayakan kedatangan Wagub Ariza Patria.

Sebelumnya juga pihaknya turut mengapresiasi kegiatan serupa di Pulau Pramuka oleh FKDM DKI Jakarta yang turut di hadiri oleh Wagub Ariza. “Dalam hal (baksos) ini tentunya Konas Menwa Indonesia menyambut baik kegiatan donor darah FKDM Jakbar karena sejalan dengan program organisasi Menwa dalam hal tanggap bencana. Jadi ketika teman2 FKDM Jakarta Barat menghubungi kami beberapa waktu sebelumnya, langsung kita turut membantu dan mendukung acara ini meskipun tidak terlalu maksimal, ” ujar Erwin yg juga fungsionaris FKDM DKI Jakarta.

Perlu diketahui sejumlah 450 warga melakukan donor darah dan mendapatkan satu unit bansos berupa kebutuhan sembako. Selain itu, pada puncak kegiatan donor darah di Jakarta Barat juga diberikan doorprize untuk memotivasi warga lebih giat lagi mengikuti aksi kemanusiaan tersebut.

Selain Ketua FKDM Jakarta Barat, Iswadi dan Jajarannya serta Wadankonas Menwa Indonesia Erwin H. Al-Jakartaty dan para anggotanya, kegiatan tersebut turut pula dihadiri juga oleh Anggota DPRD DKI Jakarta Syarifudin, Ketua FKDM DKI Munir Arsyad, Ketua FPK DKI Zamakh Sari, Sekjen DPP FORKABI M. Ikhsan, Dandim 05/03 Kolonel Inf. Dadang Ismail Marzuki, Wakapolres Jakarta Barat AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, Kasuban Kesbangpol Jakarta Barat Matsani, Camat Kebon Jeruk Saumun serta beberapa tokoh masyarakat dan perwakilan organisasi lainnya dari Menwa Jayakarta, IARMI Jakarta Barat, Karang Taruna, SBB, Sehaty Front Barat, juga warga yg ingin mengikuti donor darah.

Komentar