Upacara pembukaan TMMD ke 119 di Lapang Bola Desa Tenjojaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi

Daerah, TNI & Polri203 Dilihat

Media Mabes Bharindo Jabar.

Kodim 0607/Kota Sukabumi, menggelar kegiatan upacara pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 119 Tahun 2024, dengan Tema “Dharma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”, di Lapangan Bola Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa (20/02/24).

Upacara tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi, Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi (Danrem 061/SK), Kolonel Inf Heri Rustanto (Kasiter Kasrem 061/Sk), Dede Rusdia (Kepala DPMD Provinsi Jabar), Letkol Inf Anjar Ari Wibowo (Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi), Letkol Kav Yerry Bagus Merdianto (Danyon Kav 4/KC).

Letkol Cpm Anggun Hendrvantoro (Dandenpom III/1-Bogor), Letkol Ckm Rahmawan Budiaji (Danden Kesyah 03.04.01 Bogor), Mayor Arm Mahtom Tohari, mewakili (Dandim 0612/Kabupaten Bogor), Letkol Inf Raden Aldi Wibisono (Danyonif 315/Garuda), Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Gerindra, Yuda Sukmagara, Kasi Intel Kejari Kabupaten Sukabumi, Wawan Kurniawan, Direktur PT. Bogorindo Cemerlang Au Bintoro dan Forkopimcam Cibadak.

Dari informasi yang diperoleh, Program TMMD ke 119 diagendakan berjalan selama satu bulan penuh, bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2024 dan APBD provinsi Jawa Barat tahun anggaran 2024 serta Mabes TNI dengan sasaran fisik dan no fisik.

“Ya, hari ini kita telah selesai upacara pembukaan TMMD Ke-119 TA 2024, yang dilaksanakan oleh Kodim Kota Sukabumi bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi. Akan dilaksanakan terhitung hari ini tanggal 20 Februari 2024 sampai 20 Maret 2024,” kata Danrem 061/SK, Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi  kepada mabesbharindo.com, Selasa (20/02).

Adapun sasaran fisik yang akan dilaksanakan, sambung Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi. Yakni, berupa pembangunan mulai dari pembukaan, pengerasan sampai dengan pengaspalan jalan sepanjang kurang lebih 2.700 meter dengan lebar 3 meter.

“Ini sebagai upaya kita TNI untuk membantu Pemda dalam rangka percepatan pembangunan. Kita berharap nantinya jalan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga, baik kota maupun Kabupaten Sukabumi yang nantinya tadi Pak Bupati Sukabumi juga menyampaikan, ini akan memotong sedikit jarak dari Cibadak ke arah Cikidang sampai ke arah Palabuhanratu,” bebernya.

Lanjut Faisol, ini nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi. Karena dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan ini, maka otomatis logistik bisa dipangkas. Sehingga, biaya logistik akan semakin murah, “Harapannya petani ataupun nelayan di Palabuhanratu bisa mengakses jalan ini. Sehingga biaya logistiknya bisa menjadi lebih rendah,” tuturnya.

Faisol menjelaskan, untuk personel yang terlibat mulai dari TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat. Dari TNI sendiri kurang lebih 150 orang dan dibantu dari Polres Sukabumi.

“Juga seluruh elemen masyarakat. Karena, memang TMMD ini tujuannya untuk bersama bersinergi dengan masyarakat, bukan hanya TNI maupun Polri, tetapi dari kita untuk kita oleh kita. Mana tenaga yang digunakan TMMD ini berasal dari TNI, Polri dan masyarakat, nantinya jalan ini juga akan digunakan oleh masyarakat,” pungkasnya.

 

Reporter: Herlan

Komentar