Polres Beltim Sterilisasi Gereja-Gereja Menjelang Ibadah Natal Di Belitung Timur

Daerah, TNI & Polri355 Dilihat

MabesBharindo.Com.

Kabag Ops Polres Belitung Timur AKP Yandri C. Akip, SH, MH memimpin personel Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Kep. Babel melakukan sterilisasi gereja-gereja yang tersebar di Kabupaten Belitung Timur. Minggu (24/12/2023).

Sterilisasi gereja ini dilakukan menjelang pelaksanaan ibadah Natal dan sebagai antisipasi adanya gangguan keamanan yang ingin mengacaukan perayaan Natal di Kabupaten Belitung Timur.

Kasi Humas Polres Beltim Ipda Jerry Saputra Tandaru, SH, MH seijin Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan, SIK, MM mengatakan sterilisasi ini dilakukan di seluruh gereja-gereja yang akan melakukan ibadah misa Natal di Kabupaten Belitung Timur.

Petugas Polres Belitung Timur di back up dari Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Kep. Babel mendatangi gereja. Tim melakukan sterilisasi gereja-gereja mulai dari pintu masuk hingga seluruh isi ruangan. Petugas menyisir setiap sudut area gereja untuk dilakukan pemeriksaan, mulai tempat duduk jamaah, altar gereja, pohon natal, alat musik serta tempat-tempat lainnya dengan menggunakan alat pendeteksi logam.

“Kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai antisipasi adanya gangguan keamanan dari kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengacaukan perayaan Natal,” tambahnya.

Meski tak ditemukan benda-benda yang mencurigakan, petugas mengimbau kepada pengurus gereja untuk segera melapor ke polisi jika menemukan benda atau mencurigai seseorang.

“Petugas juga akan terus melakukan pengawasan dan pengamanan di seluruh gereja yang menjadi pusat kegiatan. Pengamanan ini agar bisa membuat umat kristiani bisa tenang dan aman melakukan ibadah natal.” Tutupnya.(emb).

Komentar