Polres Beltim Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat 2024

Daerah1598 Dilihat

MABES BHARINDO.COM.

Polres Belitung Timur melaksanakan Gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2024 yang dipimpin oleh Kapolres Belitung Timur AKBP Arif Kurniatan, SIK, MM di Halaman Depan Mapolres Belitung Timur, Rabu (03/4/2024).

Pelaksanaan apel gelar pasukan ini dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres se-indonesia dalam rangka mengecek kesiapan Operasi Kepolisian terpusat tahun 2024 serta untuk mengetahui jumlah kuat personil serta peralatan yang digunakan dalam Operasi Ketupat Menumbing 2024, dalam upacara gelar Pasukan ini juga Kapolres didampingi Wakil Bupati serta Forkopimda dalam melaksanakan pengecekan pasukan dan kendaraan-kendaraan yang akan digunakan dalam Operasi Ketupat Menumbing 2024.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2024 bentuk Pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait.

Dalam pembacaan amanat dari Kapolri, Kapolres Belitung Timur selaku pimpinan apel menjelaskan bahwa pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing 2024 ini untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif pada perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 H. Dan apel ini dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres se-Indonesia, dalam rangka mengecek kesiapan operasi kepolisian terpusat tahun 2024.

Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” selama 13 (tiga belas) hari sejak 04 April s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 28 Maret s.d. 03 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024.

Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR kembali mengeluarkan surat keputusan bersama tentang pengaturan lalu lintas jalan serta penyeberangan selama masa arus mudik dan arus balik angkutan lebaran 2024.

Disamping Kamseltibcarlantas dan gangguan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bapokting serta BBM harus tetap terjaga. Tingkatkan koordinasi dan lakukan langkah-langkah bersama stakeholder terkait, sehingga stok dan harga dapat tetap terjaga.

Seluruh upaya dan perkembangan di lapangan harus diimbangi dengan strategi komunikasi publik yang baik. pastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman.

Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. diharapkan momentum hari raya idul fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempereratk silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat.

Saya ingin mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unstur TNI-POLRI, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan hari raya Idul Fitri Tahun Lalu.

Saya juga mengucapkan “Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci.

Adapun pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing 2024, Polres Belitung Timur menyiapkan 69 Personil yang terbagi dalam Satgas antara lain, Set Ops, Satgas Preventif, Satgas Preemtif, Satgas Kamseltib, Satgas Humas, Satgas Gakkum dan Satgas Banops. Serta 1 Posyan dan 2 Pospam.(emb).

Komentar