Peresmian Untuk Desa Berdaya Di Kerik Kecamatan Takeran, Sujatno Berharap Dapat Mendongkrak Roda Perekonomian Masyarakat

Uncategorized224 Dilihat

MABES BHARINDO MAGETAN :: Dengan diresmikannya Desa Berdaya merupakan konsep pengembangan desa yang menempatkan masyarakat sebagai pusat pembangunan dan pengambilan keputusan. Dalam Desa Berdaya, masyarakat dilibatkan dalam seluruh tahapan pembangunan desa, mulai dari perencanaan hingga implementasi.

Hal ini disampaikan oleh Ketua DPRD Magetan saat lounching desa Berdaya Sendang Kerik di Desa Kerik Kecamatan Takeran Minggu (3/12/2023). Program Desa Berdaya diluncurkan dengan tujuan menumbuhkan icon icon desa mandiri,” ujar Sujatno.

Menurutnya Desa Berdaya ditujukan Untuk Pemulihan Dan Memperkuat Perekonomian Desa Dengan Pengembangan Desa Tematik Melalui Ekonomi Kreatif, Inovatif Dan Produktif Berbasis Bum Desa, Dalam Rangka Mempertegas Legalisasi Status Desa Mandiri Dengan Mengoptimalkan Potensi Dan Sumberdaya Desa Untuk Mewujudkan Desa Berdaya.

Sementara itu Kepala Desa Kerik Ari Nur Widiyanto menyampaikan jika hari ini bersama Ketua DPRD Magetan Sujatno melounching sekaligus Desa Berdaya yang ditandai dengan pemotongan tumpung bersama dan pemotongan pita. “Bismillah, mohon doanya karena ini ikhtiyar kami untuk bisa menjadi desa berdaya,” Ujar Ari Nur Widiyanto.Program desa berdaya merupakan program yang diinisiasi oleh pemprov Jawa Timur. Menurutnya di desa Kerik ini yang menjadi titik dalam pembangunan dan pengembangan adalah Sendang Kerik, merupakan icon atau landmark desa kerik, yang selama ini terbengkalai belum tersentuh pembangunan. Dengan adanya desa berdaya ini, pemerintah desa berinisiatif untuk membangun dan mengembangkan Sendang Kerik menjadi wahana wisata air, konservasi alam dan konservasi budaya, sehingga dapat mendokngkrak dan menumbuhkan perputaran ekonomi di desa

“Harapanya hari ini menjadi titik balik dalam proses kami menjadi desa wisata didaerah Kecematan Takeran melalui pengembangan sedang desa kerik menjadi pulau wisata desa Kerik,”ujar Ari Nur Widiyanto. Selain itu jika ini berjalan makan roda ekonomi warga akan berputar sekalgus peningkatan kesejahteraannya. ( SANG AGUS )

Komentar