oleh

Kodim 0402/OKI Sosialisasi Penerimaan Calon Prajurit TNI AD

MabesBharindo, OKI – Dalam rangka membangkitkan minat pelajar dan mahasiswa menjadi anggota TNI. Kodim 0402/OKI bersama Ajendam II/ Sriwijaya, melaksanakan sosialisasi penerimaan prajurit.

Dandim 0402/OKI Letkol Czi Zamroni, S.Sos dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengajak para pemuda pemudi wilayah Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk ikut bergabung menjadi bagian Tentara Nasional Indonesia.

“Jadi adik-adikku sekalian, jangan sampai ada pemikiran bahwa untuk masuk prajurit itu harus menyiapkan dana sekian juta rupiah,” katanya, Rabu (17/2/2021).

Dandim menuturkan pada intinya kalau adik-adik (para pelajar dan mahasiswa-red) ada keinginan untuk menjadi seorang prajurit baik pria maupun wanita, bulatkan tekad dari sekarang.

“Saya membulatkan tekad itu dari SMA kelas II, pada saat itu ada taruna tingkat III yang datang ke sekolah, langsung saya katakan ‘saya ingin jadi taruna’ walaupun kala itu tinggi badan saya 163 dan berkat usaha bisa menjadi 165 sentimeter. Jadi bulatkan tekad dari sekarang,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Letkol Czi Zamroni berpesan dan mengajak agar para pemuda yang hadir jangan bermasalah dengan orangtua selagi orangtuanya masih baik.

“Jadi jangan sampai ada yang clas, jangan sampai ada yang gak patuh kepada orangtua, kemudian jangan sampai ada masalah dengan kawan, meskipun kita hebat, pinter jangan sampai meremehkan kawan apalagi kalau sedang test.p Meski kita menguasai tidak usah sok ngajari. Terakhir apapun cita-cita kalian tolong perjuangkan, perjuangkan dengan baik,” tandasnya.

“Jadi saya ingin di OKI ini ada bibit-bibit, baik yang mau jadi TNI, Polri, STPDN, apa saja dan paling utama jaga kesehatan, jaga fisik dan jaga sikap perilaku untuk memelihara psikologi adik-adik. Harapannya di kabupaten OKI dan OI banyak bibit-bibit prajurit sehingga bisa memajukan wilayah kita,” pungkasnya.

 

Sementara Kepala Ajendam II/ Swj Kolonel Caj Suparno, S.Sos yang diwakili Waka Ajendam letkol Caj Yusep Sirya, S.Sos mengungkapkan rasa terimakasih kepada Dandim 0402 beserta staf yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan sosialisasi rekrutmen calon Prajurit TNI TA 2021.

Letkol.Caj Yusep menegaskan bahwa pembinaan sumber daya manusia sebagai bagian dari pembinaan kekuatan TNI Angkatan Darat khususnya yang merupakan pembinaan yang dilaksanakan secara terpadu berkelanjutan dan konsisten dengan keseimbangan pembekalan dan kemampuan.

Menurutnya, keterampilan maupun pengalaman melalui pendidikan penugasan di lapangan yang diarahkan untuk menyiapkan personil TNI Angkatan Darat yang sanggup dan mampu secara optimal mengemban setiap tugas yang dihadapinya dalam rangka mewujudkan world fresh soldier sebagai prajurit yang unggul, profesional untuk mendapatkan SDM yang berkualitas.

“Tahap awal yang penting dilakukan adalah proses, proses pendaftaran melalui online sampai ke tahap seleksi selanjutnya,” ujarnya.

“Perlu kita ketahui bahwa kegiatan kampanye mempunyai pengaruh yang sangat penting dalam mendukung keberhasilan program penerimaan prajurit TNI. Mengingat keberadaannya sebagai suatu wujud tindakan publikasi dalam rangka membuka wawasan pengetahuan pemahaman kepada masyarakat tentang kesadaran dan ikut serta dalam usaha pertahanan negara melalui jalur sebagai seorang prajurit TNI AD,” paparnya.

Sasaran dari giat ini sendiri adalah untuk menarik minat para pemuda pemudi yang memenuhi persyaratan Pemeriksaan dan Pengujian dalam Penerimaan Prajurit TNI di wilayah Sumatra Selatan.

Selain itu kampanye sosialisasi ini juga bertujuan agar terpenuhinya alokasi penerimaan di wilayah Kabupaten Ogan Komering ilir (OKI) dan Kabupaten Ogan ilir (OI) di dalam pelaksanaan penerimaan prajurit TNI TA 2021 yang meliputi Tes Administrasi,Kesehatan,Jasmani dan Mental Ideologi.

Kodim 0402/OKI OI sendiri di tahun 2020 ini mendapat alokasi sebanyak 22 orang dimana tahun sebelumnya hanya berjumlah 4 orang.

Letkol.Caj Yusep berharap kegiatan yang dilangsungkan dapat memberikan informasi yang lengkap terkait penerimaan calon Prajurit TNI TA 2021.(Deni-Rasmiadi)

Komentar