Geruduk Rumah Warga, Satgas Yonif 310/KK Tekan Kasus Malaria Dengan Bagikan Kelambu Berinsektisida Di Perbatasan RI-PNG

Daerah97 Dilihat

Media Mabes Bharindo Sukabumi

Keerom ~ Dalam menekan angka malaria di Provinsi Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK membagikan kelambu berinsektisida kepada masyarakat Kampung Somografi Distrik Web Kabupaten Keerom.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam rilis tertulisnya di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (29/9/2023).

Dijelaskan Dansatgas, personelnya yang berada di Pos Somografi dipimpin langsung oleh Komandan Pos Letda Inf Entis Sutisna geruduk rumah warga dengan menghimbau dan membagikan kelambu berinsektisida. Pihaknya pun memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hidup sehat dan pentingnya membersihkan lingkungan, sehingga wilayah ini dapat terbebas dari kasus malaria.

“Kebanyakan wilayah di Papua ini memang tergolong endemik malaria, namun kita tetap berupaya dalam mensosialisasikan pentingnya penggunaan kelambu dalam mencegah terjadinya penyakit malaria,” jelas Dansatgas.

 

Disisi lain, Danpos Somografi Letda Inf Entis Sutisna menambahkan dengan cukup tingginya tingkat kasus malaria di Kampung Somografi, dirinya bukan hanya menghimbau dan membagikan kelambu saja akan tetapi sekaligus membantu memasangkan kelambu tersebut.

 

“Kami harapkan agar warga dapat memanfaatkan kelambu yang diberikan dengan baik, jangan sampai setelah diberikan malah tidak dipergunakan, kelambu ini secara khusus dirancang untuk mencegah nyamuk malaria karena bahannya yang mengandung zat untuk mematikan nyamuk yang hinggap di kelambu,” tambah Letnan Entis.

 

Sementara itu, Tomi Palop (36) salah satu masyarakat Kampung Somografi mengatakan bahwa, dirinya sangat senang dengan kepedulian dari Satgas Yonif 310/KK yang telah memberikan kelambu kepadanya.

 

Dirinya berharap, agar ke depan warga yang terkena sakit malaria dapat berkurang atau menurun, sehingga warga bisa hidup sehat dan terhindar dari serangan nyamuk malaria.

 

Otentifikasi : Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.

Kaperwil Jabar Sony MBS

Komentar