Belajar Sambil Bermain, Cara Satgas Yonif 310/KK Tumbuhkan Minat Belajar Anak Di Perbatasan

Uncategorized605 Dilihat

Media Mabesbharindo.com

Keerom ~ Ciptakan anak- anak Papua Pintar dan Ceria, Pos Somografi Satgas Yonif 310/KK ajak anak-anak belajar dan bermain serta berbagi ilmu dengan mengajarkan calistung di Kampung Somografi, Distrik Web, Kabupaten Keerom, Sabtu (6/4/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang

Dikatakan Dansatgas, selain menjalankan tugas pokoknya, Satgas Yonif 310/KK juga hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membantu mencerdaskan anak-anak bangsa di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Kegiatan belajar sambil bermain merupakan salah satu teknik untuk menumbuhkan minat belajar kepada anak-anak, sehingga mereka bisa lebih mudah menyerap ilmu yang diberikan,” terang Dansatgas.

Menurut Letkol Inf Andrik Fachrizal, kondisi yang jauh berbeda tentang rendahnya kualitas pendidikan di daerah perbatasan dibandingkan dengan pulau lainnya, mendorong Satgas Yonif 310/KK untuk ikut berperan aktif pada sektor pendidikan.

“Bagaimana tidak, anak anak khususnya di wilayah perbatasan, masih ada yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung,” ungkapnya.

Sementara itu, Danpos Somografi Letda Inf Entis Sutisna menambahkan bahwa personil Satgas mengajarkan calistung (membaca,menulis,berhitung) kepada anak-anak yang biasa sehari-hari sering bermain ke Pos, pihaknya pun membagikan buku dan alat tulis agar tumbuh semangat bagi mereka untuk belajar.

“Selesai belajar, kami mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama dengan harapan anak-anak tetap ceria dan bergembira,” tambah Letnan Entis.

Ablin Pallop (11), salah satu anak yang yang ikut dalam kegiatan tersebut mengungkapkan kegembiraannya karena kedatangan dirinya dan teman-temannya disambut hangat oleh personil Satgas Yonif 310/KK.

“Abang-abang TNI baik sekali, kami selalu boleh bermain ke pos, kami juga diajarkan membaca dan diberi buku tulis. Terima kasih abang,” ucap Ablin penuh kegembiraan.

 

Reforter jefry Mbs

Komentar