Bupati Indramayu Berlatih Keras Tari Topeng ‘Kelana Gandrung’

Daerah603 Dilihat

MABES BHARINDO, Indramayu – Keinginan kuat untuk bisa tampil sempurna membawakan tari topeng ‘Kelana Gandrung’, Bupati Indramayu, Nina Agustina melakukan latihan keras.

Itu ia lakukan setelah seluruh kegiatannya di pendopo selesai. Tak tanggung-tanggung, Nina berlatih hingga malam hari. Meski bukan penari profesional, ternyata Nina mampu menarikan topeng dengan baik.

“Harus semangat agar bisa tampil dengan baik di depan publik. Apalagi membawa misi kebudayaan Indramayu, jadi sebisa mungkin harus tampil dengan sempurna,” Ujar Nina Agustina usai berlatih di pendopo, Jumat 4 Januari 2022, malam.

Bupati Indramayu, Nina Agustina dijadwalkan akan menari topeng ‘Kelana Gandrung’ pada peringatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Nina Agustina tampil bersama Aerli, cucu penari topeng legendaris Mimi Rasinah. Direncanakan juga, penampilan Nina akan disaksikan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan akan ikut hadir dalam puncak HPN 2022 tersebut.

Untuk bisa tampil sempurna, sejak sepekan terakhir Nina Agustina giat berlatih. Namun rupanya tidak ada hal sulit, sebab sejak semasa sekolah Nina ternyata aktif pada kegiatan seni diantaranya puisi dan marching band.

Apalagi belum lama ini Nina ikut bermain dalam film ‘Ngarot’ besutan sutradara Dedi Reang. Sebuah film yang mengangkat tema budaya masyarakat Desa/Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu.

Nina Agustina bersama Aerli akan membawakan tari topeng berjudul ‘Kelana Gandrung’, salah satu tarian sakral diisi dengan gerakan-gerakan yang dinamis namun sulit diikuti.

“Iya betul, ibu Nina Agustina akan menari di HPN dan ulang tahun PWI 2022 di Kendari. Kebetulan beliau juga menjadi salah satu dari sembilan Bupati dan Walikota di Indonesia yang menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan (AK) PWI,” Ujar Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Indramayu, Dedy Musashi.

Jurnalist : Rastim Ken Aji

Komentar