Hidayat Arsani, Silaturahmi Ke Masyarakat Belitung Timur Jadikan Beltim Pusat Gula Aren Dunia

Ekonomi & Bisnis873 Dilihat

Belitung Timur,MABES BHARINDO.COM.

Hidayat Arsani Berkunjung ke Belitung Timur silaturahmi pada hari Selasa,30 Nopember 2021.Dalam Silaturahmi dan Diskusinya kemasyarakat memberikan solusi untuk bertanam menanam pohon Kabung/aren yang nantinya bila sudah siap panen bisa menjadi gula aren.

Gula aren nanti menjadi produk unggulan masyarakat di Kabupaten Belitung Timur. Produksi gula aren juga di tengah pandemi hingga kini tetap berkembang, bahkan bisa di ekspor mendunia.

Kita nantinya harus punya -sentra produksi gula aren di Kabupaten Belitung Timur tersebar di sejumlah kecamatan. Berkembangnya sentra pohon kabung/aren, kerajinan gula aren di daerah itu, akan terdapat perkebunan pohon aren yang tumbuh di lahan- lahan perbukitan dan pegunungan dengan ketinggian di atas 500 meter di permukaan laut.

Mereka petani harus mengembangkan budidaya perkebunan aren itu hingga menghasilkan produksi terbaik dan dapat mengeluarkan cairan nira sebagai bahan baku gula. Para perajin harus memproduksi gula aren dalam bentuk cetak dan bentuk bubuk yang disebut gula Mira Kate urang belitong. Meningkatkan mutu dan kualitas sangat penting,” kata Hidayat Arsani.

Pemberdayaan Industri Kecil Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Belitung Timur sangat dibutuhkan perhatiannya.

Produksi gula aren di Kabupaten Beltim harus besar agar dapat mencapai kwalitas terbaik supaya bisa diekspor ke luar negeri dan harus bisa diakui gula aren terbaik didunia, paling tidak 360 ton per bulan atau rata-rata 12 ton per hari dari 6000 unit usaha.

Melakukan pengembangan usaha gula aren bila sudah titik panen cukup menjanjikan apalagi sampai bisa ekspor, ” harap Hidayat.

“Saya kira Beltim hingga kini bisa mengembangkan penanamannya agar dapat sebagai penghasil gula aren terbesar di dunia dan mengalahkan Thailand, Malaysia dan Vietnam,” katanya menjelaskan.

Pemerintah daerah harus mendorong produksi gula aren berkembang di Kabupaten di Beltim sehingga mampu membantu mengatasi ekonomi nantinya, bukan tidak mustahil, bisa setiap wartawan, ormas, dan LSM mempunyai kelompok tani pengembangan penanaman gula aren, dengan demikian agar dapat penghasilan bila nanti masuk masa panennya, ” kata Hidayat Arsani

Pertumbuhan ekonomi masyarakat padesaan melalui usaha kerajinan gula aren dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya.

Gula aren di sini, selain rasanya manis, beraroma juga tahan lama serta kadar gulanya relatif kecil sehingga cocok bagi penderita diabetes.Pohon kabung/aren dapat di tanam sebanyak 150 pohon perhektarnya,dan harapannya Belitung Timur bisa jadi pusat penghasil gula aren Dunia”Ungkap Hidayat Arsani.

Jurnalis : Suhartono
(Wakabiro MabesBharindo Belitung Timur Kep.Babel).

Komentar