Gencarkan Penyuluhan Anti Tawuran di Kalangan Pelajar SMA ST. Theresia Menteng

TNI & Polri140 Dilihat

Mabesbharindo.com

Jakarta Pusat-Dalam beberapa tahun terakhir, tawuran antar pelajar menjadi masalah serius yang mengganggu kenyamanan dan keamanan di lingkungan sekolah, tetapi juga menciptakan dampak negatif yang meluas, baik secara sosial maupun psikologis. Untuk mengatasi masalah ini, Aiptu Kamidi Bhabinkamtibmas Gondangdia memberikan penyuluhan anti Tawuran SMA ST. Theresia, jalan Theresia No. 4 Kelurahan Gondangdia Menteng, Jakarta Pusat. Senin, (28/10/2024).

SMA ST. Theresia Menteng memiliki visi untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif bagi semua siswa. Tawuran sering kali dipicu oleh perbedaan pendapat, diharapkan siswa dapat membangun kesadaran akan pentingnya menyelesaikan konflik dengan cara damai.

Aiptu Kamidi berikan penyuluan agar Siswa-siswi akan diajak untuk memahami bahwa tawuran bukanlah solusi meliankan meningkatkan kesadaran akan pentingnya dialog dan komunikasi dalam menyelesaikan perbedaan.

Meneruskan pesan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro melalui Kapolsek Metro Menteng Kompol Bayu Marfiando, agar kegiatan ini siswa diharapkan dapat merasakan dan memahami dampak tawuran terhadap diri mereka sendiri dan orang lain. Membangun empati akan membantu mereka lebih menghargai perbedaan.

Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, evaluasi akan dilakukan untuk mengukur efektivitas program. Siswa akan diajak untuk memberikan umpan balik dan mendiskusikan perubahan sikap mereka terhadap tawuran. Tindak lanjut berupa pembentukan kelompok peer support juga akan dibentuk, di mana siswa dapat saling mendukung dan mengingatkan satu sama lain untuk menjauhi tawuran. “tutur Kamidi.

Dengan gencarnya penyuluhan anti tawuran di kalangan pelajar, SMA ST. Theresia Menteng berharap dapat menciptakan budaya damai di sekolah. Upaya ini bukan hanya untuk mengurangi angka tawuran, tetapi juga untuk membangun karakter siswa yang lebih baik, mampu berkomunikasi dengan baik, dan menghargai perbedaan. Pendidikan karakter yang kuat akan menghasilkan generasi muda yang lebih positif, siap menghadapi tantangan di masa depan tanpa harus terlibat dalam kekerasan.

Diharapkan jika para siswa-siswi mendapatkan informasi adanya aksi tawuran segera laporkan ke Polsek Metro Menteng atau call center 110.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Komentar