PONDOK PESANTREN SALAFI AR RIDHO PERINGATI MAULID NABI SAW 1446.H DI KAMPUNG ANGGAYUDA KECAMATAN CIBADAK MINGGU MINGGU 27 OKTOBER 2024

Daerah15 Dilihat

Media Mabes Bharindo Sukabumi.

Pondok Pesantren salafi Ar.Ridho peringati Maulid Nabi SAW 1446.H di kampung anggayuda Rt.03/05 Desa pamuruyan kecamatan cibadak Sukabumi, Cibadak,Minggu 27-10-2024.

Turut hadir di dalam acara Maulid Nabi SAW  Forkopimcam kecamatan cibadak, Penceramah KH.Nanang Sumpena,S.Pd.i(Kang Una) Sebagai ketua FPP,”  Kodim Ponpes  Ar.Ridho.  KH.Drs.Es Mubarok M.SCMM.MPD.” Mama Ajengan Yaspida. Mamah KH.AbdukLatif Mamah  Guru kang Una AR.Ridho. Muhammad Kholis.  Ilham Wahyudin.S,Tr.Kes.

Toko agama,Toko masyarakat,warga masyarakat sekitar.BANSER, Relawan KROSCEK kecamatan cibadak,Kepala Desa pamuruyan

Maulid Nabi adalah peringatan atau perayaan yang dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi biasanya diperingati setiap 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Banyak hikmah yang bisa dipetik oleh para umat islam ketika memperingati Maulid Nabi. Apa saja kira-kira hikmahnya? Berikut mengenai hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hikmah Memperingati Maulid Nabiberikut ini beberapa hikmah yang bisa dipetik dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Mendorong Umat Islam untuk Membaca Sholawat dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, dapat mendorong umat islam untuk selalu bersholawat. Mereka menjadi terdorong untuk mengamalkan sholawat untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi merupakan sebuah ungkapan kegembiraan dan kesenangan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW. Diceritakan bahwa orang kafir pun mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu. Hal ini tergambar pada kisah ketika Tsuwaibah, yang merupakan budak perempuan Abu Lahab tengah menyampaikan kabar gembira mengenai kelahiran Sang Cahaya Alam Semesta.

Mengajarkan KeadilanNabi Muhammad SAW merupakan contoh pemimpin yang sempurna dan adil. Hikmah yang bisa dipetik adalah, penting untuk memperlakukan semua orang dengan adil meskipun berasal dari suku, agama, dan ras yang berbeda.

Kita tidak boleh membedakan perilaku kita hanya karena kita tidak berasal dari suku, agama, dan ras yang sama. Karena derajat semuanya sama di mata Allah SWT.

Mengajarkan Kedermawanan dan Kemurahan HatiNabi Muhammad SAW merupakan sosok yang sangat patut untuk dikagumi. Bagaimana tidak, sosoknya sangatlah dermawan dan murah hati. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu berbuat baik kepada sesama dan berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Perilaku dan perbuatan baik dari Nabi Muhammad SAW ini, harus kita tanamkan dalam keseharian kita. Mulai dari hal kecil hingga hal paling besar, mulai dari duniawi, hingga urusan akhirat.

Meneguhkan Kecintaan Kepada Nabi Muhammad SAW

Hikmah dari memperingati Maulid Nabi adalah meneguhkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai orang mukmin, kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW merupakan sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan.

Melalui penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Maulid Nabi memiliki banyak hikmah, seperti mendorong membaca sholawat, ungkapan kegembiraan, rasa syukur, mengajarkan kedermawanan, keadilan, meneguhkan rasa cinta kepada Rasulullah, meneladani perilaku baik Rasulullah, dan melestarikan ajaran Rasulullah”Pungkas nya””

 

Reporter : Herlan

Komentar