Tingkatkan Disiplin Lalu Lintas, Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra Jaya 2024

TNI & Polri250 Dilihat

Jakarta,mabesbharindo.com, 

Jakarta, – Dalam rangka meningkatkan disiplin berlalu lintas di Wilayah Jakarta, Polda Metro Jaya, bersama jajaran, Kodam Jaya, Pemprov DKI Jakarta, dan stakeholder terkait, resmi melaksanakan operasi kepolisian kewilayahan bertajuk “Zebra Jaya 2024”. Operasi ini dimulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy mengatakan, “Operasi Zebra Jaya 2024 adalah langkah strategis untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dengan melibatkan 2.939 personel yang terdiri dari Satgasda, Satgasares, dan BKO TNI serta Pemprov DKI Jakarta, kami berharap dapat menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.” Ucapnya saat memimpin apel gelar pasukan di Mapolda Metro Jaya. Selasa (15/10/2024).

Djati menjelaskan bahwa dalam operasi ini, Polda Metro Jaya akan mengedepankan pendekatan edukatif, persuasif, dan humanis, serta didukung dengan penegakan hukum secara elektronik, baik statis maupun mobile.

“Kami akan memberikan teguran simpatik kepada pengendara yang melanggar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap kepolisian lalu lintas dan memelihara keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas,” ujarnya.

Tujuan dari operasi ini adalah meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat terhadap peraturan lalu lintas, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan disiplin masyarakat serta menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Selain itu operasi dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2024 mendatang” imbuhnya.

Sedangkan target dalam operasi ini mencakup pelanggaran yang sering terjadi, seperti pengemudi yang melanggar marka jalan, melawan arus, menggunakan handphone saat berkendara, serta tidak menggunakan helm dan sabuk keselamatan.

Dalam pelaksanaannya, Djati juga menekankan pentingnya kerjasama dari seluruh pihak agar operasi berjalan dengan lancar dan terciptanya kamseltibcarlantas.

“Kami mengajak seluruh pengendara untuk selalu patuh dan tertib berlalu lintas. Lengkapi surat-surat kendaraan Anda dan ingat, keselamatan adalah tanggung jawab kita bersama.”

Operasi Zebra Jaya 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan mengurangi angka kecelakaan serta pelanggaran di jalan raya, demi terciptanya lingkungan lalu lintas yang aman dan nyaman.

Komentar