Polda Kalbar Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Kapuas tahun 2024

Uncategorized14 Dilihat

MABES BHARINDO.COM

Pontianak.14 oktober 2024

Polda Kalbar,Mabes Bharindo.com
Dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas, Polda Kalimantan Barat menggelar Apel Pasukan di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar. (Senin, 14/10/2024)

Sebanyak 510 personel disiapkan untuk menjalankan tugas selama 14 hari kedepan mulai dari tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024. Tugas ini berfokus pada pengamanan dan keselamatan berlalu lintas demi terwujudnya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di Wilayah Hukum Polda Kalbar.

Apel gelar pasukan dipimpin oleh Wakapolda Kalimantan Barat, Brigjen Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si., yang menitikberatkan pada pentingnya menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kalimantan Barat. Sepanjang tahun 2023, terjadi 1.160 kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan 393 korban meninggal dunia, 560 luka berat, 893 luka ringan, dan kerugian materiil sekitar 5,9 miliar rupiah.

“Angka ini harus menjadi perhatian kita bersama, bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan untuk memastikan keselamatan pengguna jalan,” ujarnya.Mabes

Dalam apel tersebut, Wakapolda Kalbar juga memberikan instruksi kepada seluruh personel untuk memaksimalkan penggunaan teknologi, seperti penegakan hukum elektronik (ETLE) dan alat pemantauan, bagi personil agar senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental selama operasi.

“Jadilah pelopor dalam berlalu lintas, menjadi agen perubahan bagi lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.

Selain amanat dari pimpinan, dalam wawancara setelah apel, Brigjen Pol Roma juga menegaskan kembali fokus operasi ini. “Kami berharap operasi yang kami laksanakan ini tidak hanya menurunkan angka kecelakaan, tapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih tertib berlalu lintas,” katanya.

Operasi Zebra Kapuas 2024 ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan terkait di Kalbar. Wakapolda juga menekankan pentingnya kerjasama antar instansi untuk mengidentifikasi dan menindaklanjuti titik-titik rawan kecelakaan di jalan raya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang lebih baik di wilayah hukum Polda Kalbar selama periode pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, serta seterusnya.

Humas Polda Kalbar

Komentar