Gempa Berkekuatan M 4.9 Guncang Surade Sukabumi Cukup Kuat8 Oktober 2024

Daerah13 Dilihat

Media Mabes Bharindo Sukabumi

Sebagian warga di Kampung Cibuntu, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, berhamburan keluar rumah saat terjadi guncangan gempa berkekuatan magnitudo 4.9 pada Selasa (8/10) malam, pukul 21.12 WIB.

Pusat gempa berlokasi sekitar 96 kilometer barat daya Sukabumi dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa yang terjadi berada pada koordinat 7.86 Lintang Selatan dan 106.51 Bujur Timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Dan Pusat gempa terletak sekitar 96 km Barat Daya di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BMKG menuturkan informasi soal kekuatan gempa masih bisa berubah. Sejauh ini, belum ada laporan soal kerusakan atau dampak lainnya dari gempa meskipun gempa berada cukup jauh dari wilayah daratan, namun gempa di Jawa Barat ini tergolong kuat yakni memiliki kekuatan 4,9 magnitudo. BMKG terus memantau dan akan memberikan informasi terkini terkait situasi dan akan memberikan peringatan ketika ada hal yang bersifat mendadak informasi awal ini mungkin masih berubah karena data yang diperoleh masih dalam proses pengolahan.

Meski tidak memiliki peluang terjadinya tsunami, BMKG akan terus memberikan informasi kelanjutannya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran di lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Kab. Cianjur, Kab. Sukabumi dengan Skala Intensitas III – IV MMI

Di Bayah, Malingping, Cibeber, Panggarangan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Di Garut, Nagrak dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga pukul 21:34 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

  1. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat di pertanggung jawabkan  kebenaranya””

Reporter : Herlan

Komentar