Buka Peparnas XVII 2024, Presiden Jokowi Serukan Kesetaraan

Pemerintahan206 Dilihat

Jakarta Mabes Bharindo.com

 

Solo – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024, Minggu (6/10/2024) malam. Gelaran yang mengusung semangat “Bedo Nanging Digdoyo” atau Berbeda Namun Digdaya ini resmi dibuka di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Hadir pada acara ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, serta para menteri Kabinet Indonesia Maju. Selain itu, hadir pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Umum PB Peparnas D. B. Susanto, dan sejumlah penjabat (Pj.) kepala daerah.

Tak hanya itu, ajang olahraga terbesar untuk atlet disabilitas ini juga dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian, dan sejumlah istri menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Suasana Stadion Manahan tampak penuh sesak dipadati masyarakat yang menyaksikan momen tersebut. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyebut Peparnas XVII merupakan ajang yang istimewa baginya.

“Tadi siang saya terbang dari IKN Nusantara ke Solo, khusus untuk pembukaan Peparnas ke-17 ini, khusus untuk bertemu para atlet dan ofisial peserta Peparnas. Dan saya senang bertemu Bapak, Ibu, dan saudara-saudara semuanya pada malam hari ini,” ujarnya.

Presiden mengatakan rakyat Indonesia perlu bangga dengan prestasi dan daya juang yang diukir para atlet disabilitas. “Di ajang Asian Para Games, Indonesia jadi juara umum tiga kali berturut-turut yaitu 2017, 2022, dan 2023,” katanya.

Kepala Negara menegaskan Peparnas XVII 2024 bukan sekadar ajang kompetisi bagi atlet-atlet disabilitas untuk mencetak rekor baru, tapi juga sebagai panggung kesetaraan bagi semua atlet disabilitas untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya. “Mari bertanding dengan suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas,” kata Presiden.

Mengakhiri pidatonya, Presiden mengapresiasi Pemerintah Surakarta dan masyarakat Jawa Tengah yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Peparnas XVII. “Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Peparnas ke-17 saya nyatakan dibuka,” ujar Kepala Negara, yang disambut tepuk tangan meriah oleh hadirin yang memenuhi stadion.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut Peparnas XVII bukan sekadar ajang mencari prestasi, tapi memastikan bahwa kesetaraan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu komitmen pemerintah. “Sehingga penyandang disabilitas memiliki kesempatan, keadilan, dan persamaan hak dalam olahraga juga prestasi,” ujar Menpora.

Pembukaan Peparnas XVII turut menyuguhkan penampilan tarian nusantara dari Kelompok Moncar Iswara. Di samping itu, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan prosesi penyalaan api kaldron Peparnas XVII.

Puspen Kemendagri

 

Komentar