Polisi Kerahkan 1.634 Personel Jaga Debat Pertama Pilkada Jakarta 2024

TNI & Polri119 Dilihat

Mabes Bharindo.com

Jakarta Pusat – Kepolisian mengerahkan 1.634 personel gabungan untuk menjaga jalannya debat pertama pasangan calon (paslon) gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Pilkada Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB

“Dalam rangka pengamanan debat pertama pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024 ini, kami melibatkan sejumlah 1.634 personel gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro di Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Personel gabungan yang dikerahkan berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan instansi terkait.

Personel yang terlibat pengamanan ditempatkan di ring 1 yakni pada area debat, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk JIExpo, kemudian ring 3 pada sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan JIExpo hingga di kantong-kantong parkir.

“Penjagaan kami fokuskan di pintu masuk dan area lobi untuk menjaga massa ataupun pendukung setiap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, sedangkan yang lainnya berjaga sesuai ring 1, 2, dan 3,” ujar Susatyo.

Terkait pengalihan arus lalu lintas di sekitar area JIExpo Kemayoran, kata Susatyo, hal itu bersifat situasional. Artinya, rekayasa arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika di lapangan.

“Bila nanti di sekitar JIExpo Kemayoran ini ada massa tim sukses (timses), pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas,” ucap Susatyo.

Susatyo mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk menghindari kawasan JIExpo Kemayoran yang menjadi lokasi debat pertama paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, serta mencari jalan alternatif lainnya untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Selain itu, Susatyo menegaskan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak humanis dan melayani warga dengan santun. Personel yang terlibat pengamanan juga tidak ada yang membawa senjata.

(Humas Polres Metro Jakarta Pusat)

Komentar