Pjs Bupati Beltim, Asmawa Tosepu Ingatkan Netralitas ASN Dan Kepala Desa

Daerah26 Dilihat

MABES BHARINDO.COM.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Belitung Timur, Asmawa Tosepu mengingatkan Aparatur sipil Negara (ASN) dan Kepala Desa untuk menjaga netralitas jelang Pilkada Serentak yang akan dilakukan di Kabupaten Beltim.

Hal ini disampaikan Pjs Bupati Beltim Asmawa Tosepu saat menghadiri sosialisasi Pengawasan Pemilu terkait Kolaborasi dan Aksi Netralitas ASN, TNI, POLRI dan Kepala Desa di Aula SMAN 1 Manggar, Jumat (4/10/2024).

“Jagalah netralitas karena itu sebuah kewajiban dan merupakan prinsip dasar yang harus dijunjung tinggi. Kita harus menjadi teladan bagi masyarakat dan
menunjukkan pelayanan publik tetap berjalan optimal menjelang Pilkada,” kata Asmawa.

Pjs Bupati Asmawa mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Beltim.

“Pemkab Beltim mengapresiasi Bawaslu Kabupaten Beltim yang melaksanakan kegiatan ini untuk ASN, TNI, POLRI dan Kepala Desa. Kegiatan Bawaslu ini harus kita berikan dukungan karena acara ini untuk mengingatkan para penyelenggara negara untuk memposisikan sebagai pelayan masyarakat dan harus netral,” jelas Pjs Bupati Asmawa.

Ia berharap sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran seluruh pihak terkait pentingnya menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilu.
“Saya minta kepada seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Beltim untuk selalu bersikap netral. Jangan ikut-ikutan berpihak, jangan sampai ASN di Beltim terlibat dalam politik praktis karena hukumannya sudah jelas dan Undang-Undang sudah mengatur ini. Saya sebagai Pjs Kepala Daerah akan tegakkan aturan apabila ada rekomendasi tertulis dari Bawaslu,” tegas Asmawa Tosepu.

Dalam sosialisasi Pengawasan Pemilu mengenai Kolaborasi dan Aksi Netralitas ASN, TNI, POLRI dan Kepala Desa ini, Kepala Bawaslu Danny Sugara mengatakan Bawaslu Kabupaten Beltim terus berupaya untuk memastikan bahwa ASN, TNI, Polri, Kepala Desa dan Perangkat Desa untuk tetap menjaga sikap netral dalam menghadapi pesta demokrasi di Beltim.

“Komitmen terhadap netralitas merupakan langkah yang penting untuk menghindari potensi pelanggaran,” ungkap Danny.

Dalam acara itu ada pembacaan dan
Penandatangan
Ikrar Netralitas
ASN/TNI/POLRI dan
Kepala Desa se-Kabupaten Belitung Timur.(emb).

Komentar