AKBP.Indra Feri Dalimunthe,S.H.,S.I.K.,M.H., Ikuti Apel Siaga Dan Deklarasi Pemilu Damai Kabupaten Belitung Timur

Daerah118 Dilihat

MABES BHARINDO.COM.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, Kapolres Belitung Timur AKBP Indra Feri Dalimunthe, SH, SIK, MH turut serta menghadiri kegiatan Apel Siaga dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur tahun 2024, Selasa (24/09/2024).

Apel siaga dan Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Belitung Timur.

Apel yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Danny Sugara itu dihadiri Kapolres Beltim AKBP Indra Feri Dalimunthe, S.H., S.I.K., M.H, Ketua DPRD Kab. Beltim Fezzi Uktolseja, SE. MM, Sekda Kab. Beltim Mathur Novriansyah, Perwakilan Kejaksaan Kab. Beltim, Ketua KPUD Kab. Beltim Marwansyah, S.Si, Kedua Calon Bupati dan Wakil Bupati, para Komisioner KPUD Kab. Beltim, Para Komisioner Bawaslu Kab. Beltim, Kakamkesbang Pol Kab. Beltim Evi Nardi, Pabung TNI AD Mayor Inf. Joko Lelono, Danpos TNI AU Letda Erwin, Danpos TNI AL di wakili oleh Kopka Trb Ahmad Yani, Insan Pers/ Wartawan Kab. Beltim dan Tamu undangan lainnya.

Dalam menjalani proses Pilkada ini, Kedamaian, toleransi, dan partisipasi masyarakat tanpa adanya konflik atau kekerasan sangatlah diharapkan. Maka inilah wujud dari  pentingnya kita melaksanakan apel siaga Pengawasan Kampanye dan Deklarasi Damai ini. “jelas Ketua Bawaslu.

Kampanye damai Ini mencakup sikap saling integritas, adil, menghargai antarcalon, antar pendukung, dan seluruh elemen masyarakat selama pelaksanaan kampanya Pilkada 2024 ini.

Hindari money politik, Kampanye Negatif, Kampanye Hitam (Black kampanye), Ujaran kebencian serta tidak memuat unsur-unsur SARA dan penyebaran berita² hoak.

Saya mengajak semua pihak, baik Pengawas pemilu maupun peserta pemilu, untuk menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan, toleransi, dan persatuan dalam proses pemilu ini.” Tutur Danny Sugara.

Dikesempatan Yang Sama Kapolres Belitung Timur AKBP Indra Feri Dalimunthe, SH, SIK, MH juga mengingatkan netralitas penyelenggara Pemilu. Yakni, KPU dan jajaran. Serta Bawaslu dan jajaran. Termasuk netralitas anggota TNI/Polri dan ASN.

‘’Mari kita sama-sama menjaga suasana kondusif dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Belitung Timur ini,’’ tutup Kapolres Beltim.

Usai apel dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi damai. Deklarasi itu berisi KAMI PASANGAN CALON, PESERTA PEMILU, TIM KAMPANYE SERTA PARA PENDUKUNG, MENYATAKAN DENGAN SEBENAR2 NYA BAHWA :

1. Akan Melaksanakan Kampanye Secara Tertib Aman Dan Damai

2. Tidak Akan Melakukan Kecurangan/dan Pelanggaran Selama Melaksanakan Kampanye Berupa Politik Uang, Penyebaran Hoax, Politisasi Sara Dan Larangan Lainnya Yang Diatur Oleh Perundang-undangan.

3. Akan Melaksanakan Kampanye Sesuai Dengan Kepatuhan Prosedur Dan Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan Yang Berlaku

Kami penyelenggara Pemilu, ASN, TNI, Polri dan seluruh organisasi masyarakat, menyatakan bahwa sebenar – benarnya bahwa :

1. Berkomitmen menjaga integritas dan netralitas selama pelaksanaan kampanye pada Pilkada serentak tahun 2024

2. Ikut serta mengawasi pelaksanaan kampanye demi suksesnya Pilkada serentak tahun 2024.

Deklarasi itu diteken Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Forkompinda Kab Belitung Timur, Kedua Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur, serta parpol peserta Pemilu, insan pers/wartawan dan tamu undangan lainnya.(edi mbs).

Komentar