Perbakin Belitung Timur Gelar Kejuaraan Menembak

Daerah16 Dilihat

MABES BHARINDO.COM.

Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu (Perbakin) Kabupaten Belitung Timur menggelar Kejuaraan menembak terbuka se Pulau Belitung. Kejuaraan akan berlangsung 21-22 September 2024 di Lapangan Tembak Komplek Olahraga Terpadu Damar.

Ketua Pelaksana Kejuaraan, Supardi menyatakan lomba dibuka untuk dua kategori yakni pelajar dan umum. Nomor lomba untuk pelajar terdiri dari 10 meter per/pompa, Tiga Posisi Pre Charge Peneumatic (PCP) 33 meter, Multirange 18-41 meter PCP dan Benchrest 25 meter.

“Untuk umum, kita hanya pertandingkan tiga nomor, yakni Tiga Posisi Pre Charge Peneumatic (PCP) 33 meter, Multirange 18-41 meter PCP dan Benchrest 25 meter,” ungkap Supardi saat Rapat Persiapan di Warkop77 Desa Kurnia Jaya Manggar, Selasa (17/9/24) Malam.

Pendaftaran sudah dibuka saat ini. Untuk biaya pendaftaran bagi pelajar gratis. Namun saat pendaftaran ke dua atau daftar ulang akan dipungut biaya Rp10.000.

“Untuk umum biaya pendaftaran Rp20.000. Maksimal daftar ulang baik untuk pelajar dan umum hanya dua kali. Untuk pendaftaran kita buka langsung di lokasi pada 21-22 September sesuai kelas yg dilombakan,” jelas Supage sapaan Supardi.

Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan di Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim ini menyatakan meski terbuka untuk warga di Kabupaten Belitung dan Beltim, namun seluruh peralatan wajib dibawa oleh masing-masing peserta.

“Saat pertandingan nanti kelas untuk putra-putri akan berbeda. Khusus untuk non atlet kita juga akan memberikan hadiah tambahan bagi peraih nilai terbaik,” tambah Supage.

Ketua Umum Pengkab Perbakin Beltim, Suharman mengatakan kejuaran menembak ini untuk menindak lanjuti rencana program tahunan Pengkab Perbakin. Di mana kegiatan ini rutin untuk penjaringan bibit-bibit atlet untuk pembinaan.

“Dengan even ini kita dapat melihat potensi dan animo peserta, baik dari pelajar maupun yang umum. Kita ingin ada bibit atlet untuk olahraga menembak ini,” kata Suharman.
Sekretaris Dinas Polisi Pamong Praja ini mengakui animo para peserta khususnya di kalangan pelajar cukup tinggi untuk mengikuti kejuaraan ini. Hanya saja banyak yang terkendala dengan ketiadaan alat atau peralatan menembak.

“Sebenarnya di Perbakin kita punya unit untuk dipijam-pakaikan terutama untuk pemula, namun kondisinya memang kurang memadai. Tapi khusus yang sudah tergabung di klub menembak atau didampingi pelatih, bisa menggunakan unit yang dimiliki pelatihnya,” ungkap Suharman.

Suharman berharap pada kejuaraan ini akan banyak peserta yang akan ikut. Mengingat Kejuaraan ini pula untuk persiapan Kabupaten Beltim sebagai tuan rumah Kejuaraan Daerah (Kejurda) Menembak Mei 2025 mendatang.
“Kita tidak ada target, namun kalau bisa sebanyak-banyaknya. Apalagi ini merupakan bagian untuk kita mempersiapkan calon atlet menembak untuk Kabupaten Beltim,” ujar Suharman.

Perbakin Kabupaten Beltim merupakan salah satu cabor andalan di KONI Beltim untuk mendulang medali. Pada Pekan Olahraga Provinsi VI di Bangka Barat 2023 lalu, Perbakin berhasil menyumbangkan 6 medali emas.(emb).

 

Komentar