Taptu Dan Pawai Obor Jelang Peringatan Hut Ke 79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 Jumat, 16 Agustus 2024

Media Mabes Bharindo Jabar Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggelar upacara penetapan waktu (Taptu) dan Pawai Obor menjelang detik detik peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024, di depan Pendopo Palabuhanratu, Jumat (16/08/2024).

Upacara Taptu yang dipusatkan di Palabuhanratu Ibukota Kabupaten Sukabumi dipimpin oleh Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra dan dihadiri oleh Bupati Sukabumi H Marwan Hamami, Wakil Bupati H Iyos Somantri, unsur Forkopimda, Forkopimcam, Ketua DPC Grib Jaya Kabupaten Sukabumi dan Anggota nya, serta undangan lainnya.

Sebagaimana diketahui, upacara Taptu dan pawai obor merupakan bagian yang tak terpisahkan pada detik-detik menjelang peringatan HUT RI. Hal tersebut sebagai upaya mengingat kembali perjuangan para pahlawan nasional dalam merebut kemerdekaan.

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra mengatakan, Upacara Taptu ini bermakna untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa tentu kemerdekaan ini harus diisi dengan hal yang positif.

“Demikian Pawai Obor, api juga dapat disimbolkan sebagai semangat para pejuang kemerdekaan,” ujar Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.

Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra menjelaskan, upacara Taptu seharusnya dilaksanakan di makam pahlawan, namun di Kabupaten Sukabumi Upacara Taptu ini lewat perhelatan seperti ini.

“Karena Kabupaten Sukabumi tidak memiliki makam pahlawan, karena itulah kita ganti melalui acara seperti ini,” ujar Letkol Kav Andhi Ardana Valeriandra.

Usai melaksanakan Upacara Taptu, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami beserta jajaran Forkopimda menyaksikan pemberangkatan peserta pawai obor yang diikuti tidak kurang dari 1000 peserta terdiri dari Instansi Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Pramuka, Ketua DPC GRIB JAYA Kabupaten Sukabumi Susman kushermanto dan anggota, hingga masyarakat.Para peserta akan melintasi Jalan Raya Siliwangi, Pasar Palabuhanratu, Pangsor Lio, dan kembali di Pendopo Palabuhanratu Pungkas nya

 

Reporter :Herlan

Komentar