oleh

50 Unit PJU TS Untuk Jalan Poros Cancung – Dander Diserah Terimakan Pemkab Bojonegoro

-Daerah-70 Dilihat

MabesBharindo, Bojonegoro – Sebanyak 50 unit  penerangan jalan umum tenaga Surya ( PJU TS) diserah terimakan kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Untuk jalan poros umum Desa Dander hingga Desa Cancung Kecamatan Bubulan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, hari Sabtu (27-02-2021).

Kegiatan ini juga atas dukungan dari Yayasan SIKAS Bojonegoro dan juga pihak EMCL, yang dilaksanakan di Halaman SDN 2 Desa Cancung dengan tetap mematuhi prokes Covid – 19.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Bojonegoro yang di wakili oleh Bapeda, Dinas PKP Cipta Karya, DLH, SKK Migas, EMCL, Pertamina EP, KPH Perhutani Bojonegoro, Camat Dander, Camat Bubulan, Kapolsek Dander, Kapolsek Bubulan, Danramil Dander, Danramil Bubulan, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya M. Yasin selaku direktur Yayasan SIKAS Bojonegoro menyampaikan, Penerangan Jalan Umum (PJU) merupakan fasilitas umum yang menjadi bagian  dari Visi Misi untuk mewujudkan pembangunan Infrastruktur yang merata dan ramah lingkungan, yang di tujukan untuk menerangi jalan di saat malam hari, serta dalam pelaksanaan pembangunan lampu jalan tersebut mempunyai efisiensi yang tinggi, mempunyai daya kuat penerangan yang cukup, ramah dan biaya operasionalnya yang murah.

Keberadaan Listrik menjadi hal penting bagi hidup manusia, namun jika terus menerus listrik sering di gunakan, pada nantinya juga akan habis, sehingga pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) dengan menggunakan teknologi tenaga Surya akan lebih efisien dan hemat energi listrik” imbuhnya.

M. Yasin menambahkan, Untuk lokasi pembangunan PJU TS tersebut, yang jumlahnya 50 titik berada di seputaran jalan Desa Dander sampai dengan Desa Cancung, Kecamatan, Bubulan, Kabupaten Bojonegoro,  dalam pembangunannya melibatkan masyarakat sekitar, Sementara untuk waktu membutuhkan  sampai (6) enam bulan lebih, perlu perhatian yang baik dari internal SIKAS dengan masyarakat sekitar maupun Dinas terkait” tambahnya.

M. Anwar Murtadho dari Bappeda menyampaikan, bahwasanya program Pemerintah Daerah Kabupaten itu tidak terserap dari APBD saja, akan tetapi masih ada yang lainnya dari APBN pusat, APBD Provinsi juga bisa dari mitra-mitra kerja Pemerintah Kabupaten, contohnya seperti CSR yang di keluarkan oleh perusahaan Minyak dan Gas yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bojonegoro, dalam hal ini SKK Migas, EMCL dan Pertamina EP” Ucapnya.

Di situlah peran serta dalam sebuah perusahaan untuk ikut serta membantu dalam program-program Pemerintah Daerah Kabupaten, dan kami selaku perwakilan dari Pemerintah Daerah Kabupaten mengucapkan terima kasih atas apa yang tengah di canangkan pihak EMCL, SKK Migas dan Pertamina EP dalam memberikan program lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pengguna jalan khususnya wilayah Dander dan Cancung Bubulan, dalam menjalankan kegiatan sehari-hari,” pungkasnya.

Di sisi lain dalam sambutannya Ichwan Arifin selaku pihak direktur dari EMCL menyampaikan, Dalam pelaksanaan pembangunan PJU TS telah di
laksanaan hingga (6) enam bulan, dan setelah semua selesai di bangun serta berdiri (50) lima puluh titik, maka hari ini di lakukan serah terima Infrastruktur dari pihak SKK Migas, pihak Pertamina EP dan pihak EMCL kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang dalam hal ini di bawah naungan Dinas PKP dan Cipta Karya.

“Kegiatan ini merupakan launching serta serah terima kegiatan dan penyebarluasan kegiatan positif dalam pembangunan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS)”. tuturnya.

Harapan kami Dengan adanya pembangunan PJU TS yang sudah terlaksana ini, dapatnya tersampaikan Informasi kepada stakeholder dan masyarakat mengenai pelaksanaan program penguatan keamanan dan keselamata masyarakat melalui pengadaan penerangan Jalan Umum Tenaga Surya, khususnya di wilayah Desa Dander Kecamatan Dander dan Desa Cancung Kecamatan Bubulan, serta tumbuhnya persepsi positif terkait Industri Migas dan peran serta EMCL sebagai KKS Blok Cepu dalam pengembangan masyarakat Bojonegoro

Komentar