Danramil Surade Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa SMPN 5

Daerah9 Dilihat

Media Mabes Bharindo.com

Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Negeri 5 Surade, menggelar acara Sosialisasi Sekolah Ramah Anak Dan Pencegahan Kekerasan. Acara tersebut digelar di Aula SMP Negeri 5, Jalan Kadaleman, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Kamis ( 26/9/2024 ).Hadir dalam giat tersebut Danramil 0622/14 Surade Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi Kapten Arm Witono, Kepala SMP N 5 Sari Nursanti, dewan guru, dan para orangtua siswa.

Kehadiran Danramil Surade di acara tersebut atas undangan sebagai pemateri tentang wawasan kebangsaan.

Dihadapan siswa/i pada kegiatan tersebut Danramil Surade Kapten Arm Witono menyampaikan bahwa Wawasan berkebangsaan sangat perlu untuk diketahui oleh para siswa-siswi sebagai bekal kedepan dengan harapan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air yang berpegang pada Pancasila sebagai falsafat

“Wawasan kebangsaan pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara indonesia yaitu pancasila,” jelasnya.

Bangsa Indonesia merupakan kumpulan Suku, Bangsa dan Budaya yang berbeda-beda yang terdiri dari beberapa Kepulauan, bangsa Indonesia adalah negara yang Agamais meskipun banyak perbedaan masyarakat Indonesia tetaplah satu kewarganegaraan yaitu warga negara Indonesia.

“Kepada generasi muda jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas yang merugikan diri sendiri bertingkah laku yang baik serta jadilah contoh yang baik, tingkatkan disiplin dalam belajar dan tingkatkan prestasi untuk kebanggaan diri sendiri serta kebanggaan kepada orang tua,” tandasnya.

Sementara Kepala SMP Negeri 5 Surade, Sari Nursanti, SE, M.Pd., menuturkan adanya kegiatan Sosialisasi Sekolah Ramah Anak dan Pencegahan Kekerasan Ini sebagai upaya pencegahan terjadinya hal diluar kewajaran, misalnya tawuran, sek bebas, dan peredaran narkoba.

“Dari kegiatan ini diharapkan siswa tahu batasan batasan dan norma seorang pelajar. Disamping itu sebagai upaya pencegahan terjadinya kekerasan dikalangan pelajar. Harapan kedepannya siswa kami memiliki adab yang baik,” kata Sari Nursanti.

Lebih lanjut kata Sari, SMP Negeri 5 Surade saat ini melaksanakan program P5, dengan tema Gerbang Setapak, Generasi Bangsa Sehat Tanpa Kekerasan

Diketahui, SMPN 5 Surade, Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan di Indonesia

Salah satu hal yang membedakan kurikulum merdeka dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya kegiatan berbasis Proyek, yang bernama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler berbasis projek.

Projek P5 ini adalah pembelajaran baru yang dimunculkan dan dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi serta karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.Pungkas nya”‘

 

Reporter : Herlan

Komentar