Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi Lakukan Kegiatan Rutin Restocking 6000 Benih Ikan Nilem di Desa Citarik dan Desa Pasirsuren

Daerah1613 Dilihat

Media Mabes Bharindo Jabar

Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan rutin restocking ikan di sungai. Restocking merupakan upaya melestarikan ikan dan melakukan penambahan stok ikan di alam.

Restocking jadi jitu strategi pemerintah untuk menjaga ketersediaan sumber daya ikan di perairan umum, seperti sungai, somang ataupun irigasi.

Kepala Dinas Perikanan Nunung Nurhayati melalui Analis Pengelolaan Sumber Daya Ikan, Widya mengatakan alhamdulilah hari ini kita telah melaksanakan restocking atau pelepasliaran ikan di 2 desa, yaitu Desa Citarik dan Desa Pasirsuren Kecamatan Palabuhanratu.

“Pelepasliaran ikan ini adalah salah satu bentuk kita untuk menambah stok ikan di alam dan juga salah satu akselerisasi penanganan stunting yang harapannya nanti ikan-ikan ini kalau misalkan tumbuh besar di sungai bisa menambah gizi masyarakat sekitar,” ucapnya, Senin (06/05/2024).

Adapun untuk jumlahnya, Widya pun menjelaskan bahwa untuk jumlahnya di masing-masing desa itu kita salurkan 3000 ekor benih ikan nilem, jadi totalnya 6000 benih ikan.

“Harapannya untuk pelepasliaran ini nanti bisa ditiru juga oleh desa ataupun masyarakat, bagaimana upaya kita untuk melestarikan ikan dengan melakukan penambahan stok ikan di alam,” harap Widya.

Sementara itu, Kepala Desa Citarik Ujang Somantri melalui Sekertaris Desa (Sekdes) Yuspa Henri mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan sudah memberikan bantuan berupa benih ikan nilem sebanyak 10 kantong ke desa citarik yang berjumlah 3000 ekor.

“Alhamdulilah tadi kita sudah melakukan penebaran benih ikan ke sungai-sungai yang ada di wilayah Desa Citarik, khususnya di irigasi Citando, irigasi Ciwadani dan irigasi Citarik,” tuturnya.

Yuspa pun menghimbau kepada masyarakat supaya tidak ada yang menyetrum, mengecrik atau pun meracun ikan tersebut.

“Supaya ikan tersebut dapat berkembang biak di wilayah sungai tersebut, agar besar dulu ikannya. Setelah besar silahkan masyarakat boleh memancing ikan tersebut,” imbuhnya.

Yuspa pun berharap mudah-mudahan kedepannya bisa bertambah lagi, ada bantuan-bantuan selain dari benih ikan dari Dinas Perikanan.

“Mudah-mudahan ikan tersebut setelah besar bisa bermanfaat oleh masyarakat sekitar,” hatap Yuspa.

Hal senada pun diungkapkan Kepala Desa Pasirsuren, Iyan Sunandi mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan bantuan benih ikan nilem sebanyak 3000 ekor. Dimana ikan tersebut telah kita tebarkan di irigasi babakan gobang dan irigasi ciloa.

“Terima kasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Sukabumi atas bantuan benih ikan nilem yang telah diberikan kepada Desa Pasirsuren untuk restocking. Semoga ikan nilem yang ditebar hari ini ketika ikan nya sudah besar dapat bermanfaat bagi warga desa pasirsuren dan saya juga menghimbau kepada warga masyarakat Desa Pasirsuren agar menjaga kelesatrian alam termasuk penebaran ikan nilem hari ini, jangan di setrum ataupun di racun (sangkalim) ikan nya. Ketika sudah besar silahkan mau mancing juga,” pungkasnya.

 

Reporter ,Herlan

Komentar